Breaking News:

IPB University

IPB University dan PT Purinusa Ekapersada Kerjasama Restorasi Lahan Gambut

IPB University menandatangani MoU dengan PT Purinusa Eka Persada terkait bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Editor: Soewidia Henaldi
Istimewa/Pemkot Bogor
Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB University, Prof Dodik Ridho Nurrochmat dan Elim Sritaba, kuasa Direksi PT Purinusa Eka Persada melakukan MoU secara virtual. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- IPB University menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Purinusa Eka Persada.

Kerjasama ini terkait bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta penerapan inovasi khususnya restorasi lahan gambut.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB University, Prof Dodik Ridho Nurrochmat dan Elim Sritaba, kuasa Direksi PT Purinusa Eka Persada secara virtual.

Prof Dodik dalam sambutannya menyampaikan kerjasama ini berada pada tiga lingkup yang luas yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan penerapan inovasi.

“Harapannya penandatanganan kerjasama ini tidak hanya sekedar seremonial. Semoga MoU ini dapat memberikan kebaikan bagi IPB University dan Purinusa Eka Persada. Saya berharap kerjasama ini bisa segera diimplementasikan. Kami di IPB University memiliki banyak program studi, sehingga akan kami coba inventarisir yang mana yang relevan dengan MoU ini,” ujar Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (Fahutan) IPB University ini.

Elim Sritaba mengatakan bahwa kerjasama IPB University dengan PT Purinusa Ekapersada bukan yang pertama kalinya.

Sebelumnya kedua belah pihak telah melakukan kerjasama penelitian di daerah Sumatera Selatan.

Yakni penelitian restorasi lahan gambut.

“Kita perlu bantuan perguruan tinggi, IPB University salah satu perguruan tinggi yang paling dekat yang terkait dengan bidang pertanian dan kehutanan,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu anak perusahaannya mengelola area konsesi hutan tanaman industri.

Tentu ada banyak hal yang perlu dilakukan berhubungan dengan sustainability.

Oleh karena itu pihaknya memiliki komitmen menyelesaikan sustainability roadmap vision.

“Salah satu fokus kami adalah terkait restorasi lahan gambut. Kami ingin metodologi yang betul-betul siap pakai. Kami terus mencari metodologi yang pas sehingga pentingnya keterlibatan akademisi. Kami perlu bantuan dari banyak akademisi, IPB University sudah banyak bantu. Oleh karena itu saya ucapkan terimakasih atas kesediaan IPB University bersama memulai MoU secara formal ini,” ucapnya.

Elim juga menambahkan bahwa PT Purinusa Ekapersada akan terus membuka diri untuk sama-sama melakukan penelitian dan mendorong mahasiswa ke lapangan.

“Kami juga terbuka bagi mahasiswa IPB University yang ingin belajar lebih banyak di lapangan. Mereka dapat mengimplementasikan teori yang sudah dipelajari. Semoga kerjasama ini berjalan dengan baik, membuahkan strategi restorasi yang betul-betul berdasarkan pengalaman  di lapangan. Dan saya berharap nantinya bisa diaplikasikan di seluruh supplier di lima provinsi,” imbuhnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved