Breaking News:

Skor MCP Pemkab Bogor Turun, KPK Dorong Sinergi DPRD : Yuk Komitmen Cegah Korupsi

Sejumlah petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambangi kantor DPRD Kabupaten Bogor, Jumat (11/6/2021).

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
 Kepala Satuan Tugas (Satgas) Bidang Pencegahan Direktorat Korsupi Wilayah II KPK Dwi Aprilia Linda seusai menyambangi Kantor DPRD Kabupaten Bogor, Jumat (11/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Sejumlah petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambangi kantor DPRD Kabupaten Bogor, Jumat (11/6/2021).

Mereka diketahui merupakan Satuan Tugas (Satgas) Bidang Pencegahan Direktorat Korsup Wilayah II KPK.

Kepala Satuan Tugas (Satgas) Bidang Pencegahan Direktorat Korsup Wilayah II KPK Dwi Aprilia Linda mengatakan bahwa kedatangannya ini adalah terkait progres tata kelola pemerintahan di Kabupaten Bogor. 

"Ada beberapa yang perlu disinergikan karena nilai tata kelola pemerintahan tidak akan bagus kalau tidak didukung DPRD," kata Dwi Aprilia Linda kepada wartawan, Jumat.

Kunjungan ini, kata dia, merupakan tindak lanjut setelah sebelumnya mereka menggelar pertemuan dengan jajaran Pemkab Bogor dan didapati turunnya skor Monitoring Centre for Prevention (MCP) Pemkab Bogor.

Linda mengaku pihaknya mendorong apa saja yang belum tuntas dilakukan Pemkab Bogor seperti sertifikasi aset, penertiban aset bermasalah, penertiban PSU dan yang lainnya.

"Jadi kita pengen sampaikan kepada Pemkab Bogor, yuk kita sama-sama memiliki komitmen untuk melakukan pencegahan korupsi, nanti KPK ngukurnya lewat di MCP," kata Linda.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diwakili Direktorat Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Wilayah II menegur Bupati Bogor dan jajarannya karena turunnya skor rata-rata Monitoring Centre for Prevention (MCP), Selasa (25/5/2021) lalu.

Teguran ini disampaikan dalam Rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pencegahan Korupsi Pemkab Bogor, bertempat di Ruang Rapat Bupati Bogor.

Saat itu, Kepala Satuan Tugas (Satgas) Bidang Pencegahan Direktorat Korsup Wilayah II KPK Dwi Aprilia Linda menjelaskan bahwa skor MCP Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor di tahun 2020 turun sebanyak 14 poin.

"Skor rata-rata MCP Pemkab Bogor tahun 2020 adalah 75 persen. Skor ini turun 14 poin dibandingkan skor rata-rata di tahun 2019 yang mencapai 89 persen. Kami minta Pemkab Bogor meningkatkan skor MCP di tahun 2021 ini. Targetnya minimal naik 6 poin," kata Dwi Aprilia Linda.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved