IPB University

Kuliah Pembekalan KKNT, Fakultas Peternakan IPB University Berikan Materi Hardskill dan Softskill

Dr Idat Galih Permana mengatakan bahwa KKN adalah suatu wadah yang sangat penting bagi mahasiswa, terutama dalam hal berinteraksi dengan masyarakat.

IPB University
250 mahasiswa hadiri Kuliah Pembekalan KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik) yang digelar oleh Fakultas Peternakan IPB University. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Lebih dari 250 mahasiswa hadiri Kuliah Pembekalan KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik) yang digelar oleh Fakultas Peternakan IPB University.

Kuliah pembekalan ini menghadirkan lima orang narasumber dengan tiga materi ilmu peternakan dan dua materi di luar ilmu peternakan.

Dekan Fakultas Peternakan, IPB University Dr Idat Galih Permana mengatakan bahwa KKN adalah suatu wadah yang sangat penting bagi mahasiswa, terutama dalam hal berinteraksi dengan masyarakat.

“Tujuan dari KKNT ini adalah mahasiswa dapat meningkatkan rasa peduli dan empati mengenai permasalahan yang ada di masyarakat. Mahasiswa juga bisa membuat program yang bisa mengungkit potensi desa tersebut atau bahkan mampu menyelesaikan beberapa permasalahan yang terjadi di desa tersebut,” ujarnya.

Dosen Fakultas Kehutanan IPB University yang hadir sebagai narasumber, Dr Soni Trison menjelaskan mengenai Kewirausahaan dan Pengembangan Jejaring Mitra Kerja.

Dalam paparannya, Dr Soni berbagi pengalamannya bekerja sama dengan beberapa kementerian dan juga Corporate Social Responsibility (CSR) beberapa perusahaan nasional.  

Sementara itu, untuk ilmu terkait bidang peternakan, hadir Dosen IPB University dari Fakultas Peternakan.

Mereka adalah M Baihaqi, SPt, MSc, Prof Asep Sudarman dan Dr Epi Taufik.

M Baihaqi memaparkan materi tentang bangsa-bangsa ternak.

“Jangan sampai anak Fapet di lapangan itu tidak bisa membedakan antara kambing dan domba. Di tengah masyarakat, hal seperti ini sering terjadi, ” ujar dosen Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan IPB University ini.

Sementara itu Prof Asep Sudarman, dosen Departemen Ilmu Nurtrisi dan Teknologi Pakan (INTP) IPB University memaparkan tentang Nutrisi dan Teknologi Pakan. 

Paparan ini diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa mengenai jenis-jenis pakan ternak yang biasa digunakan di Indonesia serta fungsi-fungsinya.

Materi terakhir terkait ilmu peternakan disampaikan oleh Dr Epi Taufik mengenai Budidaya, Pakan dan Pengolahan.

Dalam penjelasannya, dosen Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan IPB University ini mematahkan beberapa anggapan atau stigma negatif mengenai hewan ternak dengan memberikan gambaran nilai gizi serta keamanan produk-produk ternak.

Materi pembekalan KKNT ini kian lengkap dengan hadirnya Kepala Bagian Humas, Biro Komunikasi IPB University, Siti Nuryati, STP, MSi untuk berbagi tips dan kiat-kiat dalam menulis berita.

Ia memaparkan materi berjudul Teknik Penulisan Populer di Media Massa.

Jenis-jenis tulisan sampai cara mudah menyusun berita diurainya.

Ia juga berpesan kepada para mahasiswa agar membangun relasi dengan redaksi media massa tempat KKNT dilaksanakan.

“Pengalaman mahasiswa saat menjalani KKN di tengah masyarakat ini bisa menjadi bahan publikasi (berita). Terutama untuk media lokal (daerah) yang menjadi lokasi KKN mahasiswa. Datangi redaksi dan jalin hubungan baik agar kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan selama KKNT dapat dipublikasikan, minimal di media massa setempat,” jelasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved