Breaking News:

Idul Adha 2021

Lebaran Idul Adha 1442 H / 2021, Ini Tata Cara Sembelih Hewan Kurban Lengkap dengan Bacaan Niat

Sebelum pelaksanaan penyembelihan, hendaknya umat muslim mengetahui niat dan tata cara penyembelihan hewan kurban, lengkap dengan syaratnya.

Editor: Ardhi Sanjaya
TribunJakarta.com/Muhammad Rizki Hidayat
Hewan kurban berupa sapi milik Presiden Joko Widodo, di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (31/7/2020). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Tak terasa Idul Adha 1442 H hanya sekitar 1,5 bulan sudah tiba. Hari Raya Haji atau Kurban 2021 pastinya tak lepas dengan penyembelihan hewan seperti sapi, kerbau, kambing atau domba.

Sebelum pelaksanaan penyembelihan, hendaknya umat muslim mengetahui niat dan tata cara penyembelihan hewan kurban, lengkap dengan syaratnya.

Begitu juga masalah waktu penyembelihan hewan kurban.

Diketahui, penyembelihan hewan kurban dilaksanakan selepas salat Idul Adha dan hari-hari Tasyrik yakni 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Dikutip dari ntb.kemenag.go.id, kurban hukumnya sunah muakad atas orang yang memenuhi syarat-syarat yaitu Islam, merdeka, baligh lagi berakal, dan mampu untuk berkurban.

Dilansir tribunnews.com dengan judul niat-dan-tata-cara-penyembelihan-hewan-kurban-lengkap-dengan-syaratnya, orang yang telah mampu berkurban tetapi tidak melaksanakannya maka menjadi tercela dalam pandangan Islam.

Sebagaimana dalam firman Allah SWT, yang artinya:

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak, Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah, Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus” (QS. Al-Kautsar: 2).

Disyariatkan bagi orang yang berkurban bila telah masuk bulan Dzulhijjah untuk tidak mengambil rambut dan kukunya hingga hewan kurbannya disembelih.

Dalam hadis riwayat dari dari Ummu Salamah Radhiyallahu ‘anha, dia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda yang artinya:

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved