Breaking News:

Survei LSI Denny JA - Elektabilitas Ganjar Pranowo di Atas Anies, Prabowo Tertinggi

Hasil survei LSI Denny JA, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di peringkat pertama daftar elektabilitas calon presiden.

Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Kompas TV
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOM, Dokumentasi @DKIJakarta/INSTAGRAM, Pemprov Jateng) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Berdasarkan hasil survei LSI Denny JA, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di peringkat pertama daftar elektabilitas calon presiden dengan angka 23,5 persen.

"Terlihat bahwa per hari ini, capres veteran ya Pak Prabowo Subianto, karena dua kali menjadi capres, saat ini memiliki elektabilitas yang paling tinggi di angka 23,5 persen," kata peneliti LSI Denny JA Adji Alfaraby dalam konferensi pers, Kamis (17/6/2021).

Adji menuturkan, di bawah Prabowo terdapat nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 15,5 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 13,8 persen.

"Memang ada kecenderungan hampir sama dengan bebera lembaga survei yang lain bahwa top three dari capres saat ini memang nama-namanya adalah tiga nama, Prabowo, Ganjar, dan Anies Baswedan," ujar Adjie.

Selanjutnya, ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (7,6 persen), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (5,3 persen), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yushoyono (3,8 persen).

Lalu, Ketua DPR Puan Maharani (2 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (1,9 persen), dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (0,1 persen).

"Sisanya yang belum menjawab di angka 26,5 persen," ujar Adjie.

Adjie mengatakan, urutan di atas merupakan hasil survei simulasi 9 nama calon presiden.

Berdasarkan hasil survei itu, Adjie menyebut, hingga kini belum ada capres 'premium' atau capres dengan elektabilitas di atas 25 persen.

Menurut Adjie, tokoh dengan elektabilitas di atas 25 persen menunjukkan bahwa tokoh tersebut dapat menjadi kandidat yang kuat untuk dicalonkan presiden.

"Karena kalau kita lihat, kita hitung secara matematis, kemungkinan paling banyak capres di 2024 adalah empat capres, paling banyak. Dari empat capres, kalau kita simulasi 100 persen berarti minimal 25 persen, jadi kita ambil threshold 25 persen," ujar Adjie.

Adapun survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang dan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Survei dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka responden menggunakan kuesionar dalam kurun waktu 27 Mei 2021 hingga 4 Juni 2021.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei LSI Denny JA: Elektabilitas Prabowo Tertinggi"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved