Breaking News:

IPB University

Hasil Penelitian, Peranan dan Pendekatan Komputasional Dapat Diterapkan dalam Penelitian Kanker

menjelaskan pembelajaran mendalam mengenai identifikasi kanker usus berdasarkan citra medis histopatologi.

Editor: Soewidia Henaldi
Istimewa/Kompas.com
ilustrasi kanker usus 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Perkembangan ilmu komputasi dikenal telah berperan penting dalam bidang medis.

Peran komputasi dalam bidang medis bahkan dapat mendeteksi secara dini berbagai penyakit, terutama kanker.

Membahas hal tersebut, Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University bekerja sama dengan Working Group Bioinformatika dan Pusat Studi Biofarmaka Tropika, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University kembali menggelar Bioinformatics Webinar Series 2.

Kali ini dengan mengambil topik “Computational Approaches in Cancer Research”.

Dr Toto Haryanto, Dosen IPB University dari Departemen Ilmu Komputer FMIPA menjelaskan pembelajaran mendalam mengenai identifikasi kanker usus berdasarkan citra medis histopatologi.

Kolaborasi riset terkait topik tersebut telah dilakukan dengan beberapa pihak, baik dengan universitas di Indonesia maupun universitas di berbagai negara.

Menurutnya, seiring dengan perkembangan data yang pesat, konsumen mulai beralih pada penggunaan deep learning neural network (DNN) yang kini menjadi salah satu pendekatan dalam proses pembelajaran.

Potensi pendekatan deep learning dalam bidang kesehatan, terutama kanker, tentunya tidak lepas dari perkembangan komputasional sebelumnya.

Bagi mahasiswa, pembelajaran mengenai deep learning diharapkan dapat dipahami juga secara konseptual.

“Perbedaan DNN dan machine learning klasik yakni terdapatnya ekstraksi fitur dalam arsitekturnya. Sehingga dapat dimasukkan pada algoritma-algoritma machine learning lainnya. Arsitekturnya pun telah berkembang dari arsitektur LeNet hingga kini DenseNet,” jelas peneliti di bidang Sistem Pakar dan Bioinformatika IPB University ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved