Breaking News:

Buka Sosialisasi SPBE, Dedie Minta Jangan Ada Pemborosan di Setiap OPD

Dedie juga meminta, konsep SPBE dengan visi misi pimpinan daerah juga bisa selaras, bukan hanya tentang pelayanan kepada publik.

Editor: Soewidia Henaldi
Istimewa/Pemkot Bogor
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim membuka forum Smart City dalam rangka Sosialisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor di Hotel Sahira Kota Bogor, Rabu (23/6/2021). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim membuka forum Smart City dalam rangka Sosialisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor di Hotel Sahira Kota Bogor, Rabu (23/6/2021).

Dalam penerapan SPBE di lingkup Pemkot Bogor ini, kata Dedie, hal yang paling utama adalah terkait dengan integrasi semua kepentingan di tingkat OPD dalam satu wadah dan struktur kegiatan yang efektif serta efisien.

"Jadi jangan lagi ada pemborosan - pemborosan. Jangan di masing - masing OPD itu merasa punya kewenangan dalam membangun sistem. Jadi dikelola oleh satu badan yang memiliki kompetensi dan kapasitas yang memadai," jelas Dedie.

Sehingga, sambung dia, hasil yang dicapai bisa lebih terukur dan lebih riil.

Apalagi terkait dengan pendataan hingga penyampaian informasi kepada khalayak luas. Jangan sampai, masing - masing instansi memiliki ego sektoral yang tinggi.

"Semua ingin punya server, semua ingin punya aplikasi, tetapi standarnya berbeda - beda. Akibatnya data bocor karena tidak secure. Hal itu berbahaya sebetulnya dan akan sulit mengoreksinya," kata Dedie.

Artinya bagaimana ke depan, konsep Smart City dalam penerapan SPBE ini bisa betul - betul parameternya bisa dipenuhi.

Begitupun dengan indikator yang harus dan bisa dipenuhi untuk menunjang penerapan SPBE tersebut.

Berbicara Smart City, Dedie juga menyinggung bagaimana adanya perubahan perilaku.

Transformasi dari kebiasaan manual, menjadi lebih digital dan elektronik. Jangan sampai kemudian nyaman dengan kebiasaan manualisasi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved