Virus Corona di Bogor

Dinkes: Rumah Sakit di Kabupaten Bogor Banyak Diisi Pasien Covid-19 dari Luar Bogor

Mike menyebut, di sebuah wilayah Kabupaten Bogor ada rumah sakit yang bahkan didominasi pasien Covid-19 dari luar Bogor.

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor Mike Kaltarina 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Saat menipisnya ketersediaan tempat tidur isolasi Covid-19 imbas melonjaknya kasus corona, rupanya banyak pasien Covid-19 luar Bogor yang dirawat di rumah sakit Kabupaten Bogor.

Hal ini diakui oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Mike Kaltarina.

Mike menyebut, di sebuah wilayah Kabupaten Bogor ada rumah sakit yang bahkan didominasi pasien Covid-19 dari luar Bogor.

"Kita melihat, saya gak sebut rumah sakitnya ya, banyaknya memang bukan ber-KTP Kabupaten Bogor, rujukan-rujukan," kata Mike Kaltarina.

Sejauh ini, Mike mengaku menemukan banyak pasien Covid-19 di Kabupaten Bogor rujukan dari Depok, Bekasi, Tangerang hingga Jakarta.

Namun, hal itu tetap tak bisa dicegah atau dihalang-halangi karena rumah sakit tidak boleh menolak pasien dari mana pun.

"Mungkin di sana (kota asal) sangat penuh, dirujuknya ke Bogor. Karena rumah sakitnya di perbatasan, kan tidak boleh menolak pasien, semua kita rawat, siapapun, berasal dari mana pun," kata Mike.

Dinkes Kabupaten Bogor tetap berupaya menambah tempat tidur isolasi Covid-19 namun tetap didasari kemampuan dari pihak masing-masing rumah sakit itu sendiri.

Sebab, rumah sakit juga tetap harus memperhatikan pasien lainnya yang non Covid-19.

"Kalau tempat tidurnya sudah penuh, pasien OTG (orang tanpa gejala) boleh dibawa ke pusat isolasi, agar tempat tidurnya bisa diberikan kepada mereka yang bergejala sedang atau berat. Karena kita melihat Bed Occupancy Rate (BOR/keterisian tempat isolasi) cukup tinggi, lebih dari 60 persen," ungkapnya.

 
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved