Breaking News:

IPB University

Guru Besar IPB University Usulkan Implementasi Multi Fungsi Lanskap untuk Perbaiki Biodiversitas

Agro-biodiversitas adalah biodiversitas pada lanskap pertanian yang penting untuk ecosystem services.

Editor: Soewidia Henaldi
IPB University
Prof Suria Darma Tarigan Guru Besar Tetap Fakultas Pertanian, IPB University 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Banyak orang berpikir bahwa masalah biodiversitas itu hanya berhubungan dengan lanskap hutan dan wild species (hewan liar) saja.

Akibatnya, kita tidak menyadari bahwa ada jenis biodiversitas lainnya yang luput dari perhatian kita, yaitu agricultural biodiversity atau disingkat agro-biodiversitas.

Lahan pertanian merupakan salah satu lanskap yang banyak menyimpan biodiversitas dunia.

Agro-biodiversitas adalah biodiversitas pada lanskap pertanian yang penting untuk ecosystem services.

Seperti pengaturan aktivitas biologi tanah, siklus hara dan air pada tanah, serangga penyerbuk dan musuh alami hama serta sekuestrasi karbon tanah.

Akhir-akhir ini ada tren baru dimana perusahaan global, yang bergerak dalam bidang supply chain produk pertanian, memasukkan komponen biodiversity dalam decision-making processes dan corporate operations mereka.

Hal tersebut disampaikan Prof Suria Darma Tarigan, Guru Besar Tetap Fakultas Pertanian, IPB University saat berlangsung Konferensi Pers Pra Orasi Ilmiah Guru Besar IPB University.

Menurut Prof Suria, saat ini sudah ada Forum Trade for Sustainability Development yang berpotensi memasukkan komponen biodiversity pada free trade agreement.

Menurutnya Indonesia memiliki produk pertanian yang dipasarkan secara global (seperti karet, kopi, cacao, dan sawit) sehingga Indonesia perlu merespon isu biodiverstias dan trade ini dengan bijak.

“Kita tentu ingin produk pertanian kita dapat bersaing di pasar global. Setiap usaha untuk perbaikan biodiversity pada rantai pasok pertanian akan memperbesar daya saing produk pertanian kita di pasar global,” ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved