Breaking News:

Virus Corona di Bogor

Hadapi Pandemi, Bima Arya : Kuncinya Sinergi dan Kolaborasi

Menurut Bima Arya, sinergi dan kolaborasi menjadi hal yang dibutuhkan dalam menghadapi persoalan dan tantangan yang saat ini terjadi.

Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Istimewa/Pemkot Bogor
Klub Bogor Raya menggelar diskusi ringan secara daring dengan tema 'Pemulihan Ekonomi Perkotaan Pasca Pandemi'. Salah satunya hadir sebagai keynote speaker Wali Kota Bogor, Bima Arya. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Klub Bogor Raya menggelar diskusi ringan secara daring dengan tema 'Pemulihan Ekonomi Perkotaan Pasca Pandemi'. Salah satunya hadir sebagai keynote speaker Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Menurut Bima Arya, sinergi dan kolaborasi menjadi hal yang dibutuhkan dalam menghadapi persoalan dan tantangan yang saat ini terjadi.

"Kuncinya adalah sering-sering membuka diri, bersinergi dan berkolaborasi. Jalin komunikasi dengan pihak lain," kata Bima Arya yang hadir secara daring di Pendopo VI, Baranangsiang, Kota Bogor, Kamis (24/6/2021).

"Hari ini adalah eranya kolaborasi. Kita harus dengar semua, kita butuh semua. APBD terbatas, begitu juga CSR. Kita harus membuka seluas mungkin model-model pendanaan dan inovasi agar kita bisa terus beradaptasi dengan semua," ujarnya menambahkan.

Selain itu juga semua kebijakan yang akan diambil harus didasarkan pada data yang akurat. Untuk itu kata dia, semua pihak harus mampu membaca data. Begitupun jika ingin melakukan riset harus berdasarkan data, jika tidak maka akan kesulitan.

Saat ini perjuangan menghadapi pandemi Covid-19 masih panjang, akhirnya atau 'ujung dari lorong' belum terlihat. Untuk itu kata wali kota, keterlibatan sektor private diharapkan untuk sama-sama menjadi solusi alternatif untuk mengatasi persoalan yang dihadapi.

Berbicara bagaimana dan strategi apa yang digunakan, sambung Bima Arya, saat ini setiap pihak dituntut untuk selalu membaca peta menyesuaikan strategi dan tidak bisa melakukannya secara sendiri.

"Menurut saya itu saja rangkumannya," katanya.

Terkait target visi dan misi setiap daerah diakui Bima Arya menjadi perjuangan yang cukup berat bagi birokrat saat ini.

Pasalnya, tantangan yang ada lebih berat dari sebelumnya. Namun juga perlu untuk disesuaikan dengan perkembangan yang ada.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved