Breaking News:

Indonesia Darurat Covid-19, 4 Juta Dosis Vaksin Moderna Bakal Dikirimkan dari AS

Indonesia mengandalkan terutama pada vaksin dari Sinovac China , tetapi telah mencari untuk mendiversifikasi sumber pasokan.

Editor: khairunnisa
Tribunnews.com
Ilustrasi vaksin 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) Jake Sullivan mengatakan kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi empat juta dosis vaksin Covid-19 Moderna akan segera dikirim ke Indonesia.

Seperti diketahui, Indonesia saat ini berada di tengah darurat Covid-19 dan dalam Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat mulai 3-20 Juli 2021.

Dilansir Al Jazeera, melalui panggilan telepon dengan Retno Marusi pada Jumat (2/7/2021), Sullivan menuturkan vaksin Moderna dikirim melalui program berbagi vaksin global di bawah naungan COVAX.

Ia menambahkan bahwa donasi vaksin Moderna ini menggarisbawahi dukungan AS untuk rakyat Indonesia dalam memerangi lonjakan kasus Covid-19.

Dalam pernyataan Gedung Putih dijelaskan, kedua pejabat tersebut juga membahas rencana AS untuk meningkatkan bantuan untuk upaya respons Covid-19 Indonesia yang lebih luas.

“Sullivan menyoroti pentingnya tempat pemerintahan Biden-Harris di Indonesia, Asia Tenggara dan mengakhiri pandemi secara lebih luas dan menjanjikan dukungan berkelanjutan dan keterlibatan tingkat tinggi,” kata pernyataan itu.

Baca juga: Simak Cara Download Sertifikat Vaksinasi Covid-19, Ikuti Prosedur di Laman Pedulilindungi.id

Indonesia telah mencatat rekor infeksi baru dalam delapan dari 12 hari terakhir, termasuk 25.830 kasus baru pada hari Jumat, dan rekor 539 kematian.

Di provinsi Jakarta saja, Gubernur Anies Baswedan mengatakan dalam konferensi pers pada Jumat bahwa kasus aktif telah mencapai 78.000 dari 27.000 pada Februari.

Anies mengatakan jika tren ini berlanjut, kasus aktif bisa mencapai 100.000 dalam beberapa hari.

Sejak pandemi tahun lalu, Indonesia telah melaporkan total 2.228.938 kasus dan 59.534 kematian.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved