Breaking News:

IPB University

PKSPL IPB University dan Kelompok Pengelola Ekosisten Pesisir Lakukan Transplantasi Terumbu karang

Metode penanaman mangrove menggunakan tiga metode yaitu rumpun berpagar, rumpun berjarak dan korbon pancang.

Editor: Soewidia Henaldi
IPB University
Kelompok Pengelola Ekosistem Terumbu Karang Kampung Yensawai melakukan kegiatan implementasi penanaman mangrove, lamun dan transplantasi terumbu karang. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University bersama Kelompok Korbon (mangrove), Kelompok Andoi (lamun) dan Kelompok Pengelola Ekosistem Terumbu Karang Kampung Yensawai melakukan kegiatan implementasi penanaman mangrove, lamun dan transplantasi terumbu karang.

Kegiatan ini dilakukan di Kampung Yensawai Barat dan Yensawai Timur Distrik Batanta Utara Kabupaten Raja Ampat.

Kegiatan tersebut merupakan bagian penting dari program Desain Pengelolaan Wilayah Pesisir Terpadu Dalam Mendukung Percepatan Pelaksanaan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP-3-K) Di Provinsi Papua Barat bersamaKementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (KemenPPN/Bappenas).

Selain itu juga melibatkan Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF), PKSPL LPPM IPB University dan Coral Reef Rehabilitation Management Program-Coral Triangle Initiative (Coremap-CTI).

Implementasi penanaman mangrove, lamun dan transplantasi terumbu karang dilakukan beberapa waktu lalu.

Tim PKSPL terdiri dari Dadan Mulyana, Muhammad Qustam Sahibuddin, Robba Fahrisy Darus, Aditya Bramandito, Mahmudin, Naufal, Alin Rahma Yuliani dan gasilitator lokal Nurdana Pratiwi.

Dadan Mulyana selaku Ketua Tim PKSPL menjelaskan, penanaman mangrove, lamun dan transplantasi terumbu karang merupakan bukti komitmen kuat PKSPL dalam mengawal program yang dipercayakan oleh Kementerian PPN/Bappenas, ICCTF dan Coremap-CTI.

Menurutnya, bibit mangrove yang ditanam merupakan hasil persemaian yang dilakukan oleh Kelompok Korbon dan merupakan satu-satunya kampung di Kabupaten Raja Ampat yang memiliki persemaian bibit mangrove berbasis masyarakat.

"Pencapaian tersebut tidak terlepas dari peran PKSPL IPB University dalam mendampingi mereka," ujarnya.

Disamping itu juga, kegiatan penanaman lamun yang dilakukan oleh Kelompok Andoi merupakan yang pertama kali di Raja Ampat.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved