Breaking News:

Info Kesehatan

Demam Setelah Disuntik Vaksin Covid-19 Ternyata Pertanda Baik, Ini Penjelasan Ahli

Efek samping seperti demam inilah yang sampai saat ini membuat sebagian masyarakat sedikit khawatir mengikuti vaksinasi Covid-19.

Editor: Yuyun Hikmatul Uyun
Shopintouch
Ilustrasi demam setelah divaksin Covid-19 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Vaksinasi Covid-19 berguna untuk meminimalisir penularan virus corona.

Namun sama halnya dengan vaksin lainnya, vaksin Covid-19 ini memiliki efek samping seperti demam, ngilu, atau meriang setelah penyuntikan.

Efek samping seperti demam inilah yang sampai saat ini membuat sebagian masyarakat sedikit khawatir mengikuti vaksinasi Covid-19.

Sebab mereka takut rasa demam yang muncul justru akan berisiko buruk terhadap kesehatannya.

Baca juga: Jadi Syarat Perjalanan di Masa PPKM Darurat, Ini Link Download Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Baca juga: Jadi Korban Penipuan Vaksin Covid-19 Abal-abal, Ribuan Orang di India Disuntik Air Garam

Menanggapi hal tersebut, Bimo A. Tejo, Ph.D, selaku Peneliti Bioteknologi, Associate Professor Universitas Putra Malaysia menyatakan bahwa justru efek samping demam sementara setelah divaksin adalah hal yang wajar.

Sehingga masyarakat baiknya tidak perlu khawatir.

Bahkan demam setelah divaksin Covid-19 bisa jadi pertanda baik.

Sebab hal itu pertanda vaksin Covid-19 yang disuntikan mulai bekerja.

VAKSINASI WARGA PESISIR - Vaksinator menyiapkan vaksin yang akan diberikan kepada sekitar 1.500 warga pesisir di Surabaya dalam serbuan vaksin covid-19 gratis yang digelar TNI AL, Selasa (6/7/2021). Vaksinasi untuk masyarakat maritim Surabaya kali ini dipusatkan di Gedung Balai Prajurit Kalianak, Surabaya yang digelar Lantamal V Surabaya bersama Akademi Angkatan Laut (AAL). SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
VAKSINASI WARGA PESISIR - Vaksinator menyiapkan vaksin yang akan diberikan kepada sekitar 1.500 warga pesisir di Surabaya dalam serbuan vaksin covid-19 gratis yang digelar TNI AL, Selasa (6/7/2021). Vaksinasi untuk masyarakat maritim Surabaya kali ini dipusatkan di Gedung Balai Prajurit Kalianak, Surabaya yang digelar Lantamal V Surabaya bersama Akademi Angkatan Laut (AAL). SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ (SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

Lewat unggahan di akun Instagramnya @ba.tejo (1/7/2021), Bimo menjelaskan bahwa vaksin memicu pembentukan antibodi dan mengaktifkan sel T yang emberi tubuh kita perlindungan terhadap infeksi.

Dalam proses pembentukan kekebalan, IFN-I ikut membantu untuk mencapai kekebalan optimal.

Halaman
12
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved