Breaking News:

Virus Corona

Pemerintah Akan Luncurkan Vaksin Covid-19 Berbayar, Fraksi PKS : Jangan Cari Untung dan Peras Rakyat

Untuk tarif vaksin Gotong Royong individu yakni sebesar Rp 321.660 per dosis

Editor: Yuyun Hikmatul Uyun
Kompas.com
ilustrasi vaksin corona 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Terhitung 12 Juli 2021, pemerintah melalui Kimia Farma akan memberlakukan vaksinasi berbayar bagi individu atau perorangan.

Untuk tarif vaksin Gotong Royong individu yakni sebesar Rp 321.660 per dosis dan tarif maksimal pelayanan vaksinasi sebesar Rp 117.910 per dosis.

Tarif tersebut berdasarkan Kepmenkes Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021 tentang Penetapan Besaran Harga Pembelian Vaksin Produksi Sinopharm Melalui Penunjukan PT Bio Farma (Persero) dalam Pelaksanaan Pengadaan Vaksin Covid-19 dan Tarif Maksimal Pelayanan untuk Pelaksanaan vaksin Gotong Royong.

ilustrasi vaksin corona
ilustrasi vaksin corona (Kompas.com)

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Netty Prasetiyani Aher menilai kebijakan tersebut seperti upaya mencari untung dari rakyat.

"Vaksinasi untuk mengatasi bencana non-alam seperti pandemi adalah tanggung jawab negara terhadap keselamatan rakyatnya.

Setiap individu harus mendapat akses yang sama dan merata melalui vaksinasi gratis. Jadi, opsi vaksin berbayar seperti upaya mencari keuntungan dengan memeras rakyat," ujar Netty, kepada wartawan, Senin (12/7/2021).

Baca juga: Shopee Buka Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Gratis, Ini Cara Daftar dan Persyaratannya

Anggota Komisi IX DPR RI ini mengakui kebijakan ini belum didiskusikan dengan DPR sebelumnya.

"Tidak ada diskusi dengan Komisi IX terkait vaksinasi gotong royong bagi individu atau perorangan. Kebijakan yang sudah disetujui adalah vaksinasi gotong royong yang dibiayai perusahaan.

Itu pun diizinkan dengan banyak catatan. Sekarang tiba-tiba muncul kebijakan vaksin berbayar untuk individu," jelas Netty.

Menurut Netty, Permenkes RI Nomor 19 Tahun 2021 dijadikan landasan hukum bagi vaksinasi berbayar untuk individu setelah ada perubahan redaksi atas definisi vaksin gotong royong.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved