Jelang Idul Adha 2021, Wali Kota Bima Arya Tinjau Kesiapan RPH Bubulak

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengecek kesiapan Rumah Potong Hewan (RPH) Terpadu milik Pemerintah Kota Bogor.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengecek kesiapan Rumah Potong Hewan (RPH) Terpadu milik Pemerintah Kota Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR BARAT - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengecek kesiapan Rumah Potong Hewan (RPH) Terpadu milik Pemerintah Kota Bogor.

Karena seperti diketahui sesuai surat edaran dari Kementerian Agama Nomor SE. 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M di Wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Untuk pelaksanaaan pemotongan hewan kurban di luar rumah pemotongan hewan bisa dilaksanakan pada pada tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah untuk menghindari kerumunan di lokasi pelaksanaan kurban

Sementara itu dari edaran Kemenag juga diimbau agar pemotongan hewan kurban dilaksanakan di RPH.

Namun karena terbatasnya lokasi RPH lokasi pemotongan bisa dilaksanakan di luar RPH dengan protokol kesehatan yang ketat.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan pihaknya juga akan mengeluarkan surat edaran untuk teknis pelaksanaan pemotongan hewan kurban dan teknis memotong hewan kurban di rumah potong hewan.

Untuk itu Ia meminta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor yang membawahi RPH Terpadu Kota Bogor juga siap untuk melakukan pemotongan hewan kurban

"Saya pastikan disini petugasnya siap. Prokesnya siap, kemudian estimasi kapasitasnya sampe berapa, sehingga kita bisa memperkirakan dan agar warga mendapatkan kepastian," katanya.

Bima juga mengingatkan agar semua disiapkan dengan rapi termasuk kordinasi antar petugas dan pemilik hewan kurban.

"Jangan sampai warga diarahkan ke sini tapi disini tidak siap, jadi saya minta koordinasi yang rapi," ujarnya.

Terkait kesiapan RPH Bubulak Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, Anas S. Rasmana mengatakan bahwa kesiapan RPH Bubulak sudah sangat siap untuk menerima jasa penyembelihan hewan kurban.

Nantinya akan ada sekitar 50 pekerja yang akan bertugas secara bergantian yang dibagi ke dalam dua shif.

"Shif pertama itu jika startnya pukul 07.00 WIN akan bekerja sampai magrib kemudian sampai Isya istirahat dilanjut kembali hingga pukul 04.00 WIB dini hari," katanya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved