Breaking News:

Teror Virus Corona

Jika Anak Terpapar Covid-19, Ini Langkah yang Sebaiknya Segera Dilakukan Orang Tua

dr. Melisa Anggraeni, M Biomed, Sp.A mengatakan bahwa saat ini banyak orang tua yang dilanda kecemasan akibat sang buah hatinya dinyatakan positif Cov

Penulis: Yudistira Wanne | Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Gerd Altmann/Pixabay
Ilustrasi virus corona atau Covid-19 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Kasus paparan Covid-19 di Indonesia jumlahnya kembali meningkat sejak awal Juni 2021 lalu, bahkan virus corona itu bermutasi dan tidak hanya menginfeksi orang dewasa, melainkan balita pun ikut terpapar.

Dokter Spesialis Anak, dr. Melisa Anggraeni, M Biomed, Sp.A mengatakan bahwa saat ini banyak orang tua yang dilanda kecemasan akibat sang buah hatinya dinyatakan positif Covid-19.

Lanjut Melisa, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan orang tua ketika anaknya dinyatakan positif Covid-19.

"Apabila hasil swab anak kita dinyatakan positif Covid-19, dokter spesialis anak menganjurkan untuk melakukan isolasi mandiri," ujarnya.

"Ada beberapa orang tua yang tipenya cemas, jadi ketika melakukan isolasi mandiri dia cemas, apa yang harus dilakukan ketika melakukan isolasi mandiri di rumah," sambungnya.

Melisa pun meminta agar orang tua harus tetap tenang agar tidak salah dalam mengambil keputusan.

Hal utama yang harus dilakukan, imbuh Melisa yakni segera mengkonsultasikan gejala penyakit tersebut ke dokter spesialis anak maupun konsultasi kepada layanan yang tersedia di rumah sakit.

"Yang pasti orang tua harus tetap tenang ketika mendapati hasil swab tes anaknya dinyatakan positif Covid-19, hal pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis anak, atau bisa juga langsung menghubungi rumah sakit, karena saat ini banyak juga rumah sakit yang melayani telekonsultasi," ungkapnya.

"Jadi bisa langsung melakukan telekonsultasi agar dokter spesialis anak langsung memberikan terapi saat itu juga dan obat-obatanya bisa segera dikirim," tambahnya.

Dokter Spesialis Anak, dr. Melisa Anggraeni, M Biomed, Sp.A
Dokter Spesialis Anak, dr. Melisa Anggraeni, M Biomed, Sp.A (istimewa)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved