Breaking News:

Idul Adha 2021

Masjid Abdurahman bin Auf Cibinong Tetap Gelar Salat Idul Adha, Jamaah Dibatasi Habis-Habisan

Masjid Abdurahman bin Auf, Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor bakal tetap melaksanakan salat sunat Idul Adha 2021 secara berjamaah

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Masjid Abdurahman bin Auf, Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor bakal tetap melaksanakan salat sunat Idul Adha 2021 secara berjamaah pada 20 Juli 2021. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Masjid Abdurahman bin Auf, Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor bakal tetap melaksanakan salat sunat Idul Adha 2021 secara berjamaah pada 20 Juli 2021.

Meski begitu, pelaksanaannya dilengkapi dengan protokol kesehatan (prokes) super ketat dan jumlah jamaahnya pun bakal dipangkas cukup besar demi mencegah adanya kerumunan.

"Kita sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam hal ini," kata Sekretaris Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Abdurahman bin Auf, Sanusi kepada TribunnewsBogor.com, Senin (19/7/2021).

Sanusi menjelaskan bahwa kapasitas maksimal Masjid Abdurahman bin Auf ini bisa mencapai angka 1.500 orang jamaah.

Namun pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat ini, pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah bakal dipangkas menjadi sekitar 170 orang.

Jamaah yang bakal ikut salat Idul Adha di masjid ini, kata Sanusi, tidak melibatkan warga seluruh kampung tapi hanya warga terdekat di sekitarnya.

"Kita dipecah, ini khusus RT sini saja, dan juga kita khususkan untuk jamaah laki-laki karena khawatir kalau sama perempuan tambah banyak, kerumunan juga," kata Sanusi.

Sedangkan warga lingkungan RT lainnya di area tersebut dipecah untuk ikut salat Ied di lokasi-lokasi lain sehingga pada pelaksanaan ibadah jamaah salat ied warga tidak berkumpul di satu titik.

Pihak DKM Abdurahman bin Auf pun memasang spanduk di gerbang pintu masuk Jalan Abdurahman bin Auf yang menginformasikan adanya pembatasan jamaah hanya untuk laki-laki warga setempat dalam pelaksanaan salat ied Idul Adha 2021/1442 H ini.

"Terkait spanduk, kalau misalnya kita tidak melakukan pemberitahuan seperti itu, ini (masjid) pasti membludak. Karena masjid di sini biasanya banyak jamaahnya dari luar. Kalau hanya warga sini paling 4 shaf, jadi atur jaraknya bisa. Kalau masjid dibuka seperti biasa, gak bakalan bisa kita atur jarak," ungkapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved