Breaking News:

1.000 Peserta Antusias Ikut Pelatihan Menulis Esai yang Digelar Pondok Inspirasi

Pondok Inspirasi menggelar Pelatihan Esai Nasional bagi mahasiswa di seluruh Indonesia sebagai salah satu cara agar tetap produktif.

Penulis: Yudistira Wanne | Editor: Mohamad Afkar Sarvika
TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Pondok Inspirasi, Sabtu (24/7/2021), menggelar Pelatihan Esai Nasional bagi mahasiswa di seluruh Indonesia sebagai salah satu cara agar tetap produktif selama di rumah. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, DRAMAGA - Pondok Inspirasi, Sabtu (24/7/2021), menggelar Pelatihan Esai Nasional bagi mahasiswa di seluruh Indonesia sebagai salah satu cara agar tetap produktif selama di rumah.

Acara yang diadakan secara daring tersebut dihadiri oleh 1.000 peserta melalui zoom meeting conference, dan 5.016 peserta yang mengikuti secara siaran lansung dan tidak langsung melalui youtube.

Program pelatihan penulisan ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai penulisan esai, cara membuat esai yang baik dan benar, serta memberikan tips dan trik dalam mengikuti suatu kompetisi esai nasional.

Selain mendapatkan pelatihan, peserta yang terseleksi akan mendapatkan lanjutan program mentoring menulis esai hingga menjadi karya yang siap kirim lomba bersama mentor selama satu bulan. 

Sebanyak delapan mentor berpengalaman akan siap untuk mendampingi peserta terpilih. 

“Awalnya saya juga masih terampil dalam menulis esai, namun setelah mendapatkan pendampingan dari Kak Rico di Pondok Inspirasi alhamdulillah setahun lebih ini sudah menjuarai berbagai juara menulis esai baik nasional maupun internasional," ujar Thabed Tholib Baladraf salah satu mentor sekaligus Mahasiswa Berprestasi 1 Universitas Jember yang menorehkan sebanyak 97 juara lomba menulis ilmiah nasional internasional.

Dalam kesempatan yanh sama, Umar Kusumahadi General Manager pemimpin.id memaparkan tentang selfleadership yang perlu dibutuhkan menjadi penulis.

“Self leadership itu bagaimana kita mencoba untuk winning the inner game, bagaimana cara kita mampu mengatasi kelemahan kita dengan kelebihan yang kita miliki," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pondok Inspirasi, Agus Harianto mengatakan, pelatihan menulis esai yang dikombinasikan dengan menumbuhkan kemampuan self leadership telah dilakukan sejak 2020 bersama pemimpin.id.

"Menulis itu seni, apalagi menulis ilmiah, ditambah untuk keperluan mengikuti perlombaan, pasti banyak yang senang jika juara atau sedih saat belum beruntung," bebernya.

"Semua itu perlu kekuatan diri untuk berproses, sabar berproses dengan cara terbaik (tidak plagiat, tim kompak, tidak terlalu bangga dengan kemenangan dan tidak terlalu sedih dengan kekalahan) untuk menghasilkan karya," tambahnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved