Breaking News:

IPB University

Praktisi Pusat Kajian Hortikultura Tropika IPB University Berikan Tips Budidaya Pepaya Callina

Pepaya callina adalah hasil inovasi Guru Besar IPB University yang memiliki ciri daging buah yang merah, tidak berbau jika dikonsumsi.

Editor: Soewidia Henaldi
KONTAN/CAROLUS AGUS WALUYO
Ilustrasi Pepaya California 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Praktisi budidaya pepaya dari Pusat Kajian Hortikultura Tropika (PKHT), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University, Ahmad Kurniawan, SBio memaparkan metode budidaya pepaya callina.

Hal ini diungkapkan dalam webinar tentang “Teknis Praktis Budidaya Pepaya Callina”.

Ahmad Kurniawan menjelaskan keunggulan dari budidaya pepaya callina.

“Budidaya pepaya itu banyak keunggulannya. Di antaranya tidak musiman, produktivitasnya tinggi, daya adaptasi luas, bernilai ekonomis tinggi, harga relatif stabil dan umumnya disukai oleh konsumen. PKHT IPB University sudah berupaya melakukan pembudidayaan berbagai jenis pepaya. Ada pepaya berukuran kecil (400-800 gram/buah), sedang (1000-1600 gram/buah) dan besar (lebih dari 2000 gram/buah),” ujarnya.

Pepaya callina adalah hasil inovasi Guru Besar IPB University yang memiliki ciri daging buah yang merah, tidak berbau jika dikonsumsi, dan bentuknya yang silindris.

Uniknya, oleh pedagang di pasaran sering menyebutnya dengan pepaya California, sehingga buah ini terkesan impor.

Menurutnya, agar hasil panennya optimal, perlu dipilih lokasi terbaik yaitu 0-500 meter di atas permukaan laut (mdpl), dengan curah hujan 1.000-2.000 mm/tahun.

Saat pembibitan, perlu diperhatikan varietas yang dipilih. Tingkat kemurniaannya lebih dari 95 persen, daya kecambah lebih dari 90 persen, lalu benih harus sehat dan bebas OPT (Organisme Pengganggu Tumbuhan).

Ahmad menjelaskan bahwa media tanam dalam pembibitan terdiri dari campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1.

Media kemudian dimasukkan ke polibag dan diletakkan dalam sungkup.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved