Breaking News:

IPB University

Resmikan Green House Modern, Rektor : Learning Center IPB University Harus Punya 5 Fungsi Ini

greenhouse berkapasitas 8.000 lubang untuk hidroponik ini akan difungsikan untuk kegiatan penelitian, praktikum mahasiswa dan magang.

Editor: Soewidia Henaldi
TribunNewsBogor
Pendirian greenhouse ini hasil kerjasama antara Fakultas Pertanian IPB University dengan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (BKP Kementan) RI. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Rektor IPB University, Prof Arif Satria meresmikan greenhouse modern di Sadifa Farm, Kampus Dramaga.

Pendirian greenhouse ini hasil kerjasama antara Fakultas Pertanian IPB University dengan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (BKP Kementan) RI.

Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) IPB University, Dr Sugiyanta mengatakan greenhouse berkapasitas 8.000 lubang untuk hidroponik ini akan difungsikan untuk kegiatan penelitian, praktikum mahasiswa dan magang.

Ia percaya bahwa kehadiran greenhouse ini mampu mendorong lahirnya inovasi-inovasi pertanian terkait.

“Fungsi utama kita bukan profit dalam arti cash, tetapi intangible profit. Nanti digunakan banyak mahasiswa dan dosen sehingga kita bisa menemukan inovasi dalam hidroponik ini. Misalnya bagaimana mengefisienkan penggunaan hara yang tepat, jadi presicion untuk best practice bisa memanfaatkan itu,” ujar Dr Sugiyanta.

Ia melanjutkan, Sadifa Farm akan dijadikan sebagai home garden learning centre.

Sehingga semua aktivitas pekarangan, termasuk penelitian, pelatihan magang dan sebagainya akan dilakukan di kebun ini.

Segala aktivitas tersebut, sebut Dr Sugiyanta, juga diarahkan untuk mempercepat penerapan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Terima kasih kepada Kepala BPK Kementan dan seluruh jajaran yang telah memberikan bantuan greenhouse ini. Mudah-mudahan sarana pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat kita semakin lengkap,” kata dosen IPB University dari Departemen Agronomi dan Hortikultura ini.

Selain Sadifa Farm, Prof Arif Satria menyebut IPB University juga memiliki beberapa learning centre lainnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved