Breaking News:

IPB University

Dosen IPB University Sebut Bakteri Endofit Efektif Sebagai Agen Hayati Pengendali Nematoda

pengendalian terhadap patogen ini perlu dilakukan secara komprehensif dan berkelanjutan didasarkan pada pengetahuan mendalam.

Editor: Soewidia Henaldi
Fisika.ipb.ac.id.jpg
Kampus IPB Dramaga, Kabupaten Bogor. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Nematoda merupakan salah satu jenis patogen tanaman penting karena infeksinya pada berbagai jenis tanaman dapat menyebabkan kerusakan dan kerugian yang cukup besar.

Upaya pengendalian terhadap patogen ini perlu dilakukan secara komprehensif dan berkelanjutan didasarkan pada pengetahuan mendalam dari sifat-sifat ekobiologinya.

Demi membuka wawasan betapa pentingnya penyakit yang disebabkan oleh nematoda, Departemen Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian IPB University membahasnya dalam webinar PTN Seri kelima dengan tema “Pengelolaan Nematoda Parasit Tumbuhan yang Berkelanjutan”.

Dalam kesempatan tersebut dihadirkan beberapa pakar nematologi dari Departemen Proteksi Tanaman IPB University.

Dr Abdul Munif, Dosen IPB University dari Departemen Proteksi Tanaman menyampaikan prinsip-prinsip pengelolaan nematoda parasit yang berkelanjutan.

Nematoda merupakan patogen yang bersifat sangat merusak karena dapat menyebabkan kerusakan secara langsung atau menyebabkan malformasi.

Selain itu dapat menyediakan jalur masuk bagi patogen sekunder yang akan memperparah penyakit tanaman.

Dikarenakan tipe dan karakteristik nematoda yang agak kompleks dan cukup adaptif, maka menurutnya pengendaliannya tidak mudah dilakukan.

Ditambah lagi, daerah sebarannya luas dan memiliki inang lebih dari satu dan dapat berinteraksi dengan patogen lain.

“Saya mengira permasalahan nematoda ini akan semakin kompleks ke depannya karena beberapa alasan. Seperti pengembangan dan perluasan lahan, praktik budidaya yang tidak sehat, penanaman satu jenis varietas secara terus-menerus, kualitas lingkungan yang tidak stabil, pemupukan yang tidak berimbang, ketergantungan pestisida dan perubahan iklim. Dan tidak kalah pentingnya yakni perdagangan produk pertanian antar negara, khususnya benih dan bahan tanaman yang lain,” jelasnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved