Breaking News:

IPB University

Gelar Kuliah Umum, Sekolah Vokasi IPB University Bahas Smart Agroindustry 4.0

sektor agriculture telah terdesain untuk fokus kepada manajemen sumber ekosistem.

Humas IPB
Prof. Annable, Vice Chancellor dan CEO University of New England (UNE) Australia berkunjung ke Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (SV-IPB), Bogor (14/11). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Sekolah Vokasi IPB University mengadakan kuliah umum dengan topik “Implementation of Internet of Things (IoT) in Agriculture Field”.

Kuliah umum digelar beberapa waktu lalu merupakan bagian dari Summer Course The 2nd Smart Agro-Industry 4.0 in the Tropical Countries.

Ir Purana Indrawan selaku Ketua Program Studi Manajemen Industri Sekolah Vokasi IPB University menyampaikan bahwa sektor agriculture telah terdesain untuk fokus kepada manajemen sumber ekosistem.

Selama pandemi, kepentingan dari perilaku produksi agriculture sangat berubah.

“Hal ini menyebabkan masalah pada pengurangan tenaga kerja dan gangguan rantai pasok. Peran smart agriculture berdampak baik pada kekhawatiran selama pandemik. Sehingga pada kegiatan ini diharapkan para mahasiswa dapat membangun pemahaman bersama dengan strategi yang efektif untuk pelaksanaan pendidikan vokasi yang lebih baik,” ujarnya.

Kegiatan ini menghadirkan Prof Kudang Boro Seminar, Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian IPB University.

Prof Kudang memaparkan tentang “Pertanian Cerdas dan Presisi”.

Pertanian presisi menggunakan pendekatan dan teknologi yang memungkinkan pengamatan serta perlakuan yang presisi.

Presisi dengan variabilitas lokasi, tanaman, klimat, sumber daya alam, pasar, konsumen, lingkungan.

“Jika kita ingin mentransformasi agriculture di Indonesia maka kita harus mengintegrasikan segala aspek mulai dari hulu ke hilir. Harapannya di masa depan kita dapat melihat segala aspek agriculture di Indonesia hanya dengan smartphone,” ujarnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved