Breaking News:

HUT Kemerdekaan RI

Serba-serbi Peringatan HUT ke-76 RI di Bogor, Dari Konvoi Moge Sampai Kibarkan Merah Putih di Sungai

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan masyarakat di Kota Bogor untuk memperingati hari Kemeredekaan Republik Indonesia yang ke-76.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Peringatan HUT ke-76 RI di Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pandemi Covid-19 tak menyurutkan masyarakat di Kota Bogor untuk memperingati hari Kemeredekaan ke-76 Republik Indonesia.

Berbagai ekspresi kecintaan terhadap Negara Republik Indonesia pun diungkapkan dalam berbagai kegiatan unik dan menarik namun dengan tetap mengikuti disiplin protokol kesehatan yang ketat.

Di Kota Bogor ada berbagai kegiatan yang dilakukan masyarakat, mulai dari kegiatan doa bersama enam tokoh agama dan berbagai agama berbeda yang juga dihadiri oleh Forum komunikasi pimpiman daerah (Forkompinda) Kota Bogor.

Tak hanya itu ada juga konvoi motor gede dengan mengibarkan bendera merah putih yang diikat di belakang motor, kemudian seorang pelari yang mengikatkan bendera merah putih dipundaknya, serta pengibaran bendera merah putih di bantaran Sungai Ciliwung dan aliran Sungai Ciliwung oleh Satgas Naturalisasi Ciliwung, Komunitas Peduli Ciliwung, komunitas sepeda dan berbagai komunitas lainnya.

Untuk kegiatan doa bersama dilaksanakan di Tugu Kujang dengan
Pembacaan doa dipimpin oleh enam tokoh agama yang berbeda dari mulai perwakilan umat Islam, Pendeta dan Pastor pemimpin Umat Kristen Protestan dan Katolik, Pamangku pemimpin agama Hindu, Pandita pemimpin  agama Budha dan Haksu pemimpin agama Konghuchu.

Dalam sembutannya Walikota Bogor, Bima Arya Sugairto menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kegigihan dari teman teman Bogor Sahabat (Bobat) Festival Merah Putih (FMP) yang terus menguatkan kebersamaan dan kebangsaan di Kota Bogor.

"Hari ini situasinya sangat membaik. Tentu semua karena ikhtiar kita semua, mari kita genapkan ikhtiar kita dengan doa yang kita terus panjatkan, mari kita memohon pada Allah swt agar seluruh lisan kita disatukan dengan perbuatan kita, agar garuda, merah putih yang menancap di atribut betul-betul melekat di dada dan tergambar dalam setiap langkah dan gerakan kita, semoga allah selalu memperlancar kita, semoga allah menguatkan kebangsaan dan kebersamaan kita," katannya dalam sambutannya.

Bendera Merah Putih sepanjang 33 meter dibentangkan di atas aliran Kali Ciliwung di Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Selasa (17/8/2021).
Bendera Merah Putih sepanjang 33 meter dibentangkan di atas aliran Kali Ciliwung di Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Selasa (17/8/2021). (TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho)

Ditempat yang sama Ketua Umum Festival Merah Putih (FMP), Teuku Anwar menyampaikan rasa terimakasihnya atas keikut sertaan para semua pihak yang sudah mendukung dan ikut bergabung dalam rangkaian kegiatan Festival Merah Putih (FMP)

"Kita berdoa di sini agar masyarakat Indonesia umumnya dan masyarakat Kota Bogor khususnya selalu dalam lindungan Allah SWT. Dan negara RI tetap dalam utuh seperti yang serang ini," ucapnya.

Sementara itu pengibaran bendera merah putih di bantaran Sungai Ciliwung Kelurahan Kedung Halang dilaksanakan di oleh Satgas Naturalisasi Ciliwung, KPC, warga sekitar dan anak anak pesantren.

Satgas Naturalisasi Ciliwung yang juga aktivis ligkungan Suparno mengatakan bahwa pelaksanaan upacara bendera dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan Indoensia.

"Kami sengaja memang mengadakan kegiatan ini dialiran sungai ciliwung walaupun mungkin memang persertanya tidak terlalu banyak karena memang kami paham betul situasinya kita belum begitu aman dengan situasi pandemi Covid-19, jdi memang kami mengajak temen temen tim tugas satuan naturalisasi ciluwung, kemudian juga temen temen komunitas pesepeda, kemudian juga ada ade-ade dari pesantren," ujarnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved