Breaking News:

7 Ciri-ciri Pinjaman Online Ilegal, Waspada Jika Diminta Password Rekening, Jangan Sampai Tertipu !

makin banyak pula pihak-pihak tak bertanggung jawab yang melakukan penipuan melalui penawaran pinjol ilegal atau abal-abal.

Editor: Yuyun Hikmatul Uyun
www.thinkstockphotos.com
Ilustrasi pinjaman online 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Akses layanan pinjaman online ( pinjol) dari layanan teknologi keuangan (fintech) memang memberikan kemudahan. Hanya bermodalkan ponsel pintar dan internet, kamu bisa dapat pinjaman dana instan ke rekeningmu tanpa jaminan.

Namun, dengan kian maraknya layanan pinjol yang hadir di tengah masyarakat, kamu harus lebih waspada.

Sebab, makin banyak pula pihak-pihak tak bertanggung jawab yang melakukan penipuan melalui penawaran pinjol ilegal atau abal-abal.

Tidak sedikit masyarakat yang terjerat penipuan dari pinjol abal-abal. Akibatnya, banyak masyarakat yang terbebani dengan bunga dan denda yang mencekik.

Untuk itu, ada baiknya kamu mengetahui ciri-ciri pinjol ilegal berikut ini, agar kedepannya tak terjerembab ke dalam kerugian.

1. Menawari pinjaman lewat pesan pribadi

Penyedia pinjol ilegal sangat getol bergerak mencari nasabah. Hal tersebut dilakukan dengan menawarkan layanan pinjaman secara pribadi melalui berbagai platform, misalnya DM Instagram, SMS, hingga chat di WhatsApp. 

Jika kamu mendapat pesan pribadi yang menawarkan layanan pinjaman dari nomor pribadi, alamat email, atau akun media sosial tak dikenal (bukan kontak resmi perusahaan fintech), kemungkinan besar itu adalah pinjol ilegal. Jadi, hati-hati ya!

2. Persyaratan terlalu mudah

Pinjol ilegal sering kali menawarkan layanan pinjaman tanpa persyaratan dokumen yang rumit. Cukup memberikan nomor telepon dan data pribadi saja, maka pengajuan pinjaman dapat langsung cair. Kedengarannya memang praktis dan menggiurkan, akan tetapi tidak masuk akal. 

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved