Breaking News:

Terinspirasi Banjarmasin, Bima Arya Deklarasi Program Pengurangan Sampah Plastik di Kota Bogor

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, akan menggulirkan program Plastic Smart Cities di forum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia.

Editor: Soewidia Henaldi
Istimewa/Pemkot Bogor
Wali Kota Bogor, Bima Arya melakukan penandatanganan kerja sama deklarasi Plastic Smart Cities antara Pemerintah Kota Bogor dengan Yayasan World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia di Teras Balai Kota Bogor, Kamis (26/8/2021). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Kota Bogor menjadi kota pertama di Indonesia yang mendeklarasikan Plastic Smart Cities.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, akan menggulirkan program ini juga di forum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

Hal ini dikatakannya usai melakukan penandatanganan kerja sama deklarasi Plastic Smart Cities antara Pemerintah Kota Bogor dengan Yayasan World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia di Teras Balai Kota Bogor, Kamis (26/8/2021).

Penerapan Plastic Smart Cities dalam forum Apeksi ini kata dia, secara tidak langsung menjadi semacam tindak lanjut dari pertemuan yang dilaksanakan di Kebun Raya Bogor pada 2018 saat Deklarasi Bogor.

"Pada saat itu Kota Bogor menjadi motor climate action dan itu akan digulirkan kembali, tetapi semuanya akan menunggu dan direncanakan dimulainya melalui forum-forum yang dilaksanakan Apeksi," katanya.

Bima Arya menilai, pengurangan sampah plastik yang dilakukan terinspirasi dari kota lain di Indonesia, salah satunya adalah Kota Banjarmasin.

Di sisi lain, deklarasi Plastic Smart Cities menjadi beban sekaligus tantangan.

Bukan tanpa sebab, Bima Arya tidak ingin deklarasi ini hanya sekedar seremoni, tidak diikuti dengan aksi dan tidak menjadi solusi.

"Pilot project pertama justru akan menginspirasi aksi-aksi yang lain," tegas Bima Arya.

Bima Arya menambahkan, berdasarkan hasil dari banyak riset menyebutkan sampah plastik bagi kualitas kehidupan begitu nyata.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved