Breaking News:

IPB University

Hadirkan Pakar, IPB University Berhasil Ungkap Misteri Neutrino

fakta dari hasil eksperimen menunjukkan bahwa neutrino memiliki massa, walaupun sangat kecil.

Wikipedia
Ilustrasi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Ilmu fisika terus mengalami perkembangan.

Banyak fenomena baru yang memerlukan penjelasan teoretik baru.

Salah satunya adalah fenomena partikel neutrino yang dapat berubah jenis (flavour) atau biasa dikenal sebagai flavour oscillation.

Terkait hal tersebut, Departemen Fisika IPB University mengundang pakar neutrino yakni Apriadi Salim Adam, ScD dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk berbicara dalam Physics Talk Seri Ke-11.

Webinar ini mengangkat tema “Discriminating the Nature of Neutrinos through non-relativistic flavour oscillations: Dirac of Majorana Normal or inverted.”

Webinar ini tidak hanya dihadiri sivitas Departemen Fisika IPB University saja, namun dihadiri juga oleh dosen dan mahasiswa dari universitas lain serta masyarakat luas.

Hadir juga beberapa pakar neutrino Indonesia seperti Prof Pramudita Anggraita, Mirza Satriawan, PhD, Prof Anto Sulaksono, Julio, PhD, dan Reinard Primulando, PhD.

Di awal presentasinya, Apriadi Salim Adam menjelaskan alasan mengapa banyak pakar tertarik untuk meneliti neutrino.

Ia menyebutkan, hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa model standar partikel tidak mengakomodir keberadaan massa neutrino.

Sementara, kata Apriadi Salim, fakta dari hasil eksperimen menunjukkan bahwa neutrino memiliki massa, walaupun sangat kecil.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved