Breaking News:

Nyamar saat Urus Dokumen Kependudukan di Kabupaten Bogor, Dirjen Dukcapil Dibuat Ribet Aturan

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah menyamar demi memantau langsung kondisi pelayanan di Disdukcapil Kabupaten Bogor.

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Suasana di area pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor, Kamis (2/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor didatangi Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri yang menyamar sebagai warga yang urus dokumen kependudukan.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah menyamar demi memantau langsung kondisi pelayanan di Disdukcapil Kabupaten Bogor.

Dirjen tersebut menemukan adanya penambahan persyaratan saat urus dokumen kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Bogor.

Seperti adanya persyaratan dua saksi dalam pelaporan catatan sipil.

Kadisdukcapil Kabupaten Bogor Bambang Setiawan mengatakan bahwa pihaknya bukan bermaksud menyimpang dari perundang-perundangan terkait persyaratan tersebut.

Tapi untuk meminimalisir permasalahan di masyarakat di kemudian hari.

"Karena ini produk hukum. Kadang orang membuat akta kelahiran atau dokumen lain suka ada perbedaan nama. Nah kita meminimalisir supaya pemohon tidak bulak balik karena persyaratan yang kurang harus kita samakan," ujarnya kepada wartawan, Kamis (2/9/2021).

Meski begitu, kata Bambang, pihaknya tetap mengikuti arahan Dirjen Dukcapil untuk mengurangi persyaratan yang dinilai terlalu banyak tersebut.

"Kita ikuti arahan Pak Dirjen karena ini untuk pelayanan lebih baik kepada masyarakat. Karena kata Pak Dirjen di Perpres sudah dipangkas, dibikin mudah, dan kita harus menerapkan hal yang sama," katanya.

Saat kantornya didatangi Dirjen Dukcapil, Bambang mengaku bahwa saat itu dia tengah memantau UPT pelayanan Disdukcapil di Rumpin.

Meski begitu, dia masih sempat bertemu dengan Dirjen Dukcapil setelah kembali ke kantornya

"Briefing dengan Pak Dirjen memberikan masukan-masukan. Ada bagusnya juga, semua ada sisi positifnya, untuk perbaikan-perbaikan," ungkapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved