Breaking News:

Desa di Kabupaten Bogor Masuk 10 Besar Indeks Membangun Tertinggi Indonesia 2021

Desa Pondok Udik mendapat peringkat ke-8 dengan nilai IDM 0,9778 dan persentase pertumbuhan +0,39 persen.

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Bupati Bogor Ade Yasin saat ditemui wartawan di Pendopo Bupati, Cibinong, Senin (30/8/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Desa Pondok Udik, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor masuk 10 besar Indeks Desa Membangun (IDM) tertinggi tahun 2021.

Desa Pondok Udik mendapat peringkat ke-8 dengan nilai IDM 0,9778 dan persentase pertumbuhan +0,39 persen.

Peringkat IDM ini dipublikasikan oleh Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Penilaian tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan secara internal pada tahun 2021 untuk mengukur capaian kinerja selama satu tahun pada 74.957 desa.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan bahwa prestasi ini tudak lepas dari program unggulan Bupati Bogor Satu Milyar Satu Desa (Samisade) Pemkab Bogor.

"Program Samisade dapat mendorong pemulihan ekonomi sekaligus mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals (SDG's) Desa," kata Ade Yasin kepada wartawan, Senin (6/9/2021).

Sebelumnya pun, kata Ade, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyatakan bahwa Kabupaten Bogor nihil desa berstatus tertinggal tahun ini.

Empat desa di Kabupaten Bogor yang pada tahun 2020 masih berstatus desa tertinggal, kini naik status menjadi desa berkembang.

“Mengentaskan desa tertinggal memang menjadi salah satu target di tahun 2021. Sejak awal menjabat pada tahun 2018 hingga akhir tahun 2021 kita berhasil menaikan status 45 desa tertinggal menjadi desa berkembang dan desa maju,” pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved