Breaking News:

IPB University

Kembangkan Produk Buah Lemon, SMKN 1 Cibadak Dapat Solusi Pengolahan Limbah dari IPB University

pelatihan entrepreneurship untuk membekali siswa tidak hanya pada bidang produktif namun juga pemasaran dan pengembangan usaha.

Wittyfeed
Ilustrasi buah lemon 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Mahasiswa yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) IPB University membuat program berbasis pengolahan limbah dan kewirausahaan yang disebut dengan Create Idea and Talent Program (CINTA Program).

Dalam pelaksanaannya, tim PKM-PM IPB bekerja sama dengan SMKN 1 Cibadak, Sukabumi sebagai mitra program.

Tim PKM-PM IPB University ini terdiri atas mahasiswa Departemen Manajenen Hutan yaitu Etrin Herabadi Sunjaya, Penza Lindiani, Abdur Rohman Awwab, Hizbullah Arkaan, dan mahasiswa dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen yaitu Woro Dwi Kusumaningrum serta didampingi oleh dosen pembimbing Fitta Setiajiati, MSi.

Etrin Herabadi Sanjaya selaku ketua tim menjelaskan, SMKN 1 Cibadak sebagai mitra karena sekolah tersebut telah berhasil mengembangkan produk sari buah lemon secara nasional, namun memiliki masalah dalam hal pengolahan limbah.

Oleh karena itu, katanya, timnya hadir untuk membantu menyelesaikan persoalan pengolahan limbah di SMKN 1 Cibadak.

Lebih lanjut, Etrin menjelaskan, CINTA Program terdiri dari empat pelatihan besar.

Pertama, pelatihan karya cipta tangan dari limbah alam dan hasil hutan bukan kayu.

Kedua, pelatihan pembuatan minyak atsiri. Ketiga, pelatihan pembuatan eco enzyme dengan mengolah limbah kulit lemon menjadi cairan serbaguna.

Keempat, pelatihan entrepreneurship untuk membekali siswa tidak hanya pada bidang produktif namun juga pemasaran dan pengembangan usaha.

“Siswa juga diajarkan bagaimana menganalisis biaya dan aplikasi-aplikasi yang dapat membantu dalam berwirausaha,” tutur Etrin Herabadi Sanjaya.

Mahasiswa IPB University ini juga mengatakan bahwa rangkaian CINTA Program tidak hanya pelatihan saja.

Akan tetapi diadakan sebuah lomba kreativitas untuk meningkatkan jiwa kreatif dan kompetitif siswa-siswi SMKN 1 Cibadak.

Lomba kreativitas ini berupa pembuatan video kreatif tentang pelatihan yang dilakukan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved