Breaking News:

IPB University

Keren ! Mahasiswa IPB Ciptakan Masker Kain dengan Tisu Isi Ulang Aromatherapy Bahannya dari Jerami

inovasi bernama RAKSI MASK ini muncul berawal dari kekhawatiran mahasiswa terhadap peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia.

IPB University
mahasiswa IPB University berhasil membuat inovasi masker dengan tisu isi ulang aromaterapy yang terbuat dari limbah jerami padi. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Lima mahasiswa IPB University berhasil membuat inovasi masker dengan tisu isi ulang aromaterapy yang terbuat dari limbah jerami padi.

Lima mahasiswa IPB University tersebut adalah Ade Dimas Kurnia, Agustin Marlili Artika, Salma Nur Aeni, Mellisa Ardila dan Ajeng Nurul Fadilla.

Ade Dimas Kurnia dan timnya tersebut dibimbing oleh Iyep Komala, SPt, MSi.

Ade dan timnya mendapat pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKMK).

Ade Dimas Kurnia, selaku ketua tim mengatakan, inovasi bernama RAKSI MASK ini muncul berawal dari kekhawatiran mahasiswa terhadap peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia.

Ia menerangkan, dewasa ini, Covid-19 bermutasi dan menghasilkan varian virus jenis baru.

Namun demikian, pemakaian masker yang terlalu lama akan menimbulkan rasa stres dan sesak sehingga membuat sebagian orang memilih untuk tidak memakai masker.

“Berawal dari hal tersebut, kami membuat inovasi berupa masker kain dengan tisu isi ulang aroma terapi. Tisu ini kami buat dari limbah jerami padi yang saat ini belum banyak dimanfaatkan,” ujar Ade Dimas Kurnia, mahasiswa IPB University dari Fakultas Peternakan.

Lebih lanjut, Ade menjelaskan, limbah jerami dipilih sebagai bahan dasar tisu karena kandungan selulosa pada jerami mencapai 40 persen.

Dari kandungan tersebut, dapat dimanfaatkan sebagai bahan tisu.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved