Breaking News:

Pemusnahan Barang Bukti, Ribuan Lembar Dolar Palsu Dibakar di Kejari Kota Bogor

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor melakukan pemusnahan barang bukti di Halaman Kantor Kejari Kota Bogor, Selasa (7/9/2021).

Penulis: Lingga Arvian Nugroho | Editor: Mohamad Afkar Sarvika
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Kejaksaan Negeri (Kejari)Kota Bogor melakukan pemusnahan barangbukti yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap periode Juli 2020 sampai dengan Juli 2021 di Halaman Kantor Kejari Kota Bogor di Jalan Ir H Djuanda, Selasa (7/9/2021) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor melakukan pemusnahan barang bukti yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap periode Juli 2020 sampai dengan Juli 2021 di Halaman Kantor Kejari Kota Bogor di Jalan Ir H Djuanda, Selasa (7/9/2021).

Pemusnahan barangbukti dilakukan dengan cara dibakar, direbus, dipotong menggunakan mesin potong dan dihancurkan dengan menggunakan benda tumpul.

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bogor Sekti Anggraini mengatakan baru bukti yang dimusnahkan meruapakan total dari 145 perkara tindak pidana umum.

Adapun barang bukti yang mencolok adalah lembaran uang palsu baik yang sudah digunting berukuran seperti uang dan yang masih berupa lembaran kertas.

Uang tersebut kemudian dibakar untuk dimusnahkan.

Tercatat uang palsu tersebut ada 1.204 lembar terdiri dari dolar dan rupiah.

Kejaksaan Negeri (Kejari)Kota Bogor melakukan pemusnahan barangbukti yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap periode Juli 2020 sampai dengan Juli 2021 di Halaman Kantor Kejari Kota Bogor di Jalan Ir H Djuanda, Selasa (7/9/2021)
Kejaksaan Negeri (Kejari)Kota Bogor melakukan pemusnahan barangbukti yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap periode Juli 2020 sampai dengan Juli 2021 di Halaman Kantor Kejari Kota Bogor di Jalan Ir H Djuanda, Selasa (7/9/2021) (TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho)

Dalam kegiatan pemusnahan tersebut dihadiri masing-masing perwakilan dari DPRD, Kodim 0606/Kota Bogor, Polresta Bogor Kota, Pemkot Bogor, Pengadilan Negeri Kota Bogor, Kepala Lapas Paledang dan BNI.

"Iya pada pemusnahan ini dihadiri oleh perwakilan intansi yang memang kompeten di bidangnya untuk menyaksikan pemusnahan barang bukti ini," katanya.

Sekti mengataka bahwa Kejaksaan Negeri Kota Bogor sebagai Jaksa Penuntut Umun dan Jaksa Eksekutor memiliki tugas untuk menjalankan putusan pengadilan.

"Nah apabila putusan pengadilan menyatakan bahwa barang bukti ini dirampas untuk dimusnahkan kami harus memusnahkannya secara nyata ya, secara sebenar-benarnya nanti akan dituangkan diberita acara pemusnahan dan itu akan menjadi pelengkap administrasi pelaksaan putusan pengadilan," ujarnya.

Adapun barang bukti lain yang dimusnahkan antara lain narkotika jenis shabu seberat 354,1354 gram, narkotika jenis ganja dan tembakau sintetis seberat 2876,1871 gram, obat-obatan sebanyak 410 butir, handphone 62 unit, tas selempang sebanyak 31 buah, senjata api sebanyak 5 buah, timbangan sebanyak 24 buah, botol kaca atau bong sebanyak 21 buah dan barang bukti seperti cerulit, golok, kunci leter T.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved