Breaking News:

Terjadi Gangguan Atmosfer di Indonesia, BMKG Prediksi Musim Hujan Datang Lebih Awal

Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Citeko, Fathuri mengatakan menurut prediksi BMKG Pusat di beberapa wilayah Indonesia

Penulis: Lingga Arvian Nugroho | Editor: Ardhi Sanjaya
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Beberapa titik ruas jalan di Kota Bogor tergenang air pasca diguyur hujan deras, Minggu (21/3/2021) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Kondisi cuaca di Kota Bogor beberapa hari terakhir diguyur hujan ringan hingga lebat.

Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Citeko, Fathuri mengatakan menurut prediksi BMKG Pusat di beberapa wilayah Indonesia terjadi musim hujan lebih cepat.

"Iya prediksi dari BMKG pusat musim hujan tahun ini tiba lebih awal, untuk pekan awal September ini memang ada gangguan atmosfer di wilayah Indonesia sehingga curah hujan meningkat di beberapa wilayah," ujarnya.

Untuk wilayah Puncak Bogor dan sekitarnya, kata Fathuri, kondisi curah hujan diperkuat oleh faktor lokal (pegunungan).

"Sehingga cuaca pun dapat cepat berubah karena uap air jika menapaki daerah yang lebih tinggi akan cepat berkondensasi menjadi awan dan hujan," katanya.

Bahkan kata Fathuri, jika uap air yang terkandung cukup banyak, maka curah hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Bogor dan sekitarnya.

"Jadi itu juga berpotensi pada daerah daerah yang dikelilingi oleh pegunungan seperti daerah Bogor dan sekitarnya," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved