Jenazah WNA Portugal Korban Kebakaran Lapas Tangerang Bakal Dikremasi

Thurman Hutapea mengatakan jenazah Ricardo dikremasi berdasarkan permintaan dari pihak keluarga WNA asal Portugal itu.

Editor: Damanhuri
TribunJakarta.com/Bima Putra
Kedatangan jenazah korban kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang di Instalasi Forensik RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (8/9/2021). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Jenazah Ricardo Ussumane Embalo (51), warga negara asing ( WNA)  narapidana korban tewas kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang, Banten bakal dikremasi.

Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Ditjenpas, Thurman Hutapea mengatakan jenazah Ricardo dikremasi berdasarkan permintaan dari pihak keluarga  WNA asal Portugal itu.

"Kita sudah ada komunikasi dengan Kedutaan Besar, lalu Konsulat yang bersangkutan. Pesan dari sana kami dapat (jenazah) dikremasi," kata Thurman di RS Polri Kramat Jati, Senin (13/9/2021).

Nantinya Kementerian Luar Negeri, Ditjen PAS bakal berkoordinasi dengan Kedutaan Besar dan Konsulat Portugal terkait proses kremasi hingga penyerahan abu jenazah Ricardo untuk diserahkan ke keluarga.

Sementara satu jenazah WNA lain, yakni Samuel Machado Nhavene yang merupakan WNA asal Afrika Selatan masih berada di Instalasi Forensik RS Polri Kramat Jati karena belum teridentifikasi.

Tampak Instalasi Forensik RS Polri Kramat Jati yang jadi lokasi identifikasi jenazah di Jakarta Timur, Rabu (8/9/2021).
Tampak Instalasi Forensik RS Polri Kramat Jati yang jadi lokasi identifikasi jenazah di Jakarta Timur, Rabu (8/9/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menuturkan hingga kini dari total 41 jenazah  narapidana yang dibawa ke RS Polri Kramat Jati, 18 di antaranya sudah teridentifikasi.

Seluruhnya teridentifikasi berdasarkan pencocokan data antemortem (sebelum kematian) dengan postmortem (setelah kematian), lalu diperkuat dengan data medis sekunder.

"Jadi ada delapan yang teridentifikasi hari ini, sehingga jumlah total yang sudah teridentifikasi sampai hari ini 18 orang. Dari 41 ada 23 jenazah yang belum teridentifikasi," ujar Ahmad.

Hingga Senin siang 10 jenazah  narapidana korban tewas kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang yang dibawa ke Instalasi Forensik RS Polri Kramat Jati sudah diserahkan ke pihak keluarga. 


(TribunJakarta.com, Bima Putra)

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved