Breaking News:

Peringati Hari Orangutan Sedunia, Mahasiswa IPB University Ungkap Perdagangan Liar Satwa Langka

orangutan merupakan satu-satunya jenis kera besar yang terdapat di Asia serta memiliki peranan penting dalam ekosistem.

BBC
Orangutan 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Riset Sosial Humaniora IPB University memperingati Hari Orangutan Sedunia dengan menggelar diskusi santai melalui Instagram Live.

Tim yang terdiri dari Muhammad Sabilal Muhajirin, Intan Wahda Nurlia, Nada Fadilah, dan Iqbal Ramdani ini dibimbing oleh Dr Arzyana Sunkar, Dosen Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata IPB University.

Menurut Sabilal, orangutan merupakan satu-satunya jenis kera besar yang terdapat di Asia serta memiliki peranan penting dalam ekosistem.

Punahnya orangutan akan berimplikasi terhadap hilangnya ratusan spesies tumbuhan dan satwa pada ekosistem hutan hujan.

Hingga saat ini, diketahui terdapat tiga spesies orangutan, yaitu Orangutan Sumatera (Pongo abelii), Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) dan Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis).

Salah satu ancaman terbesar yang terjadi saat ini yaitu berkurangnya populasi orangutan karena perburuan liar.

 “Sebagai upaya untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk lebih peduli dan melindungi keberadaan orangutan, setiap 19 Agustus diperingati sebagai Hari Orangutan sedunia atau World Orangutan Day,” ujarnya.

Untuk itu, dalam diskusi ini, Sabilal dan tim menjalin kerjasama dengan Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Indonesian Green Action Forum (IGAF) LC IPB University.

Hadir sebagai narasumber adalah Dr Jamartin Sihite, CEO Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation.

Ia mengatakan bahwa melindungi orangutan layaknya melindungi diri sendiri, karena saat orangutan punah maka ekosistem akan terganggu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved