Breaking News:

IPB University

Trik Jitu Dosen IPB University Cara Budidaya Maggot untuk Pakan Alternatif Ikan Lele

maggot atau larva lalat Black Soldier Fly (BSF) mengandung protein yang cukup tinggi untuk bahan alternatif pakan ikan.

IPB University
Dosen Program Studi Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya memberikan pelatihan pengolahan sampah kepada warga Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Beberapa dosen Sekolah Vokasi IPB University mengikuti Program Dosen Mengabdi.

Dalam program ini, Andri Hendriana, SPi, MSi, dosen Program Studi Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya memberikan pelatihan pengolahan sampah kepada warga Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat.

“Upaya pengolahan sampah organik dari rumah tangga dapat dimanfaatkan sebagai media budidaya maggot. Sayuran dan sisa makanan dicacah dan diberi bahan atraktan berupa tepung ikan yang berpeluang besar untuk maggot berkembang,” ujar Andri.

Menurut Uding Sastrawan, SP, MSi, dosen IPB University maggot atau larva lalat Black Soldier Fly (BSF) mengandung protein yang cukup tinggi untuk bahan alternatif pakan ikan.

Untuk mendapatkan maggot pun tidak memerlukan teknologi tinggi dan harganya relatif murah.

“Penggunaan maggot sebagai pakan alternatif pada budaya ikan lele dari berbagai penelitian dapat menggantikan sampai 50 persen pakan komersial. Cara ini sangat menguntungkan pembudidaya ikan lele. Penggunaan maggot dapat menurunkan biaya pakan sehingga biaya usaha bisa lebih efisien,” ujar Dosen Program Studi Manajemen Agribisnis, Sekolah Vokasi IPB University ini.

Sementara itu, menurut Dr Veralianta Sebayang, pelatihan ini merupakan salah satu upaya untuk menanggulangi sampah rumah tangga. 

Keberhasilan pengolahan sampah organik menjadi pakan alternatif ikan lele dapat mendorong bisnis budidaya lele semakin layak.  

“Apalagi pada masa pandemi ini, untuk mendorong perekonomian masyarakat, kita perlu menciptakan peluang-peluang dan usaha baru yang inovatif,” ungkap Dosen Program Studi Manajemen Agribisnis, Sekolah Vokasi IPB University ini.

Hal yang sama disampaikan oleh Ir Wien Kuntari, MSi yang juga sebagai Dosen Program Studi Manajemen Agribisnis, Sekolah Vokasi IPB University.

Menurutnya, keberhasilan dan kesinambungan suatu bisnis adalah adanya keuntungan yang diperoleh oleh pembudidaya.  

“Selain pengelolaan secara teknis pembudidaya ikan lele, kita juga perlu mempromosikan ikan lele. Ikan lele adalah produk yang bernutrisi tinggi dan memiliki nilai ekonomi. Promosi ini juga menjadi bagian dalam gerakan gemar makan ikan,“ ujarnya.

Pelatihan ini dihadiri Yudi Maryudi Somiki, SE selaku Lurah Margajaya dan jajaran pejabat di wilayahnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved