Breaking News:

Kembangkan SDM Berbasis Pendidikan, ITB VINUS Temui Ketua DPRD Kabupaten Bogor

perlu adanya kontekstualisasi kebutuhan masyarakat Kabupaten Bogor hari ini untuk menjangkau kebutuhan SDM di masa depan.

Penulis: Damanhuri | Editor: Damanhuri
istimewa
Pimpinan Institut Teknologi dan Bisnis Visi Nusantara (ITB VINUS) Bogor saat menyambangi kantor Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Jum'at (17/9/2021) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG -- Pimpinan Institut Teknologi dan Bisnis Visi Nusantara (ITB VINUS) Bogor, menyambangi Ketua DPRD Kabupaten Bogor. Mereka menyampaikan sejumlah program pendidikan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Bogor.

Ketua Yayasan Visi Nusantara Maju, Yusfitriadi mengatakan, perlu adanya kontekstualisasi kebutuhan masyarakat Kabupaten Bogor hari ini untuk menjangkau kebutuhan SDM di masa depan.

"Hadirnya kampus ITB VINUS adalah sebagai salah satu respon atas kondisi kebutuhan masyarakat, khususnya di tingkat desa yang tersebar di 40 kecamatan di Kabupaten Bogor dengan kondisi pandemi yang belum pernah dibayangkan siapapun sebelumnya," ujarnya di Gedung DPRD Kabupaten Bogor, Jum'at (17/9/2020).

ITB VINUS Bogor, kata Yus, akan mendorong terbangunnya inovasi digital yang diarahkan menuju kemandirian ekonomi masyarakat melalui program studi Bisnis Digital, Kewirausahaan, dan Sistem Informasi.

Rektor ITB VINUS Bogor, Daniel Zuchron menyampaikan, Bogor tidak boleh lagi hanya menjadi daerah penyangga Ibu Kota Jakarta, namun harus mulai menjadi pusat baru yang berangkat dari basis pendidikan dan teknologi dalam upaya penguatan pemberdayaan dan kemandirian ekonomi masyarakat desa.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto, mengapresiasi berdirinya ITB VINUS Bogor. Menurutnya, pemberdayaan manusia menjadi salah satu fokus penting dalam konstruksi daerah Kabupaten Bogor saat ini.

“Investasi paling penting saat ini adalah penguatan kapasitas SDM Kabupaten Bogor” ujarnya.

Rudy juga mengharapkan adanya sarjana penggerak desa yang akan mempercepat akselerasi pembangunan daerah yang dimulai dari kuatnya kapasitas SDM desa yang akan secara linier berpengaruh pada capaian pemerintah daerah nantinya.

"Banyaknya staf desa yang belum memenuhi kualifikasi keilmuan yang cukup, orientasi anak muda di desa yang masih ingin menjadi karyawan pabrik atau perusahaan, sedangkan tidak sedikit peluang usaha berbasis tekno-preuner yang belum banyak digarap oleh anak muda di desa. Karena itu harus menjadi satu fokus masalah sosial yang perlu mendapat solusi konkret," katanya.

Menurut Rudy, keberadaan ITB VINUS yang bergerak dengan basis teknologi dan kewirausahaan (teknopreuneur) menjadi sangat relevan untuk menjawab kebutuhan riil pembangunan sumber daya manusia pemerintah daerah Kabupaten Bogor ke depan.

"Harapan saya agar ITB VINUS Bogor bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah sebagai program pembangunan daerah yang terukur dan berdampak," tandasnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved