Breaking News:

IPB University

Jadi Istri Diplomat, Alumni IPB University Ini Bagikan Kisah dalam "Becoming A New Version of Me"

Wiene membagikan kisahnya yang sering berpindah-pindah dari satu negara ke negara lainnya mengikuti tugas suami.

IPB University
Alumni IPB University angkatan 33 menggelar diskusi bertajuk Becoming A New Version of Me, yang menghadirkan dua wanita tangguh. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Diskusi bertajuk "Becoming A New Version of Me", yang digelar alumni IPB University angkatan 33, menghadirkan dua wanita tangguh.

Mereka adalah Wiene Andriyana alumnus Manajemen Hutan (MNH) dan Wully Wahuni, alumnus Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (INTP).

Setelah menikah dengan seorang diplomat, Wiene harus belajar beradaptasi dengan pola hidup nomaden.

Setelah memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisi dosen di Universitas Lampung, Wiene mendampingi suami bertugas ke beberapa negara.

Dalam kesempatan ini, Wiene membagikan kisahnya yang sering berpindah-pindah dari satu negara ke negara lainnya mengikuti tugas suami.

Menurutnya gaya hidup nomaden ini melahirkan tantangan dan peluang agar tetap bisa mengembangkan diri (self development), yakni menjadi New Version of Me (Better Improvement).

“Setelah mengundurkan diri, saya mendampingi suami yang bertugas di Lisbon, Portugal selama tiga tahun. Kemudian kembali ke Indonesia selama tiga tahun membawa dua orang anak yang lahir di Lisbon. Setelah itu suami kembali ditugaskan ke Wina, Austria. Di sini saya melanjutkan studi doktoral. Sejak 2018 hingga saat ini, kami menetap di Ottawa, Kanada,” ujarnya.  

Wiene Andriyana saat ini bekerja sebagai konsultan di United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia, Center for International Forestry Research (CIFOR) dan International Institute for Sustainable Development (IISD).

Wiene juga aktif menulis di Majalah Forest Digest (www.forestdigest.com).

“Saya merasa perjalanan hidup saya terkoneksi dengan Filosofi Pohon. Falsafah pertama adalah Bend and Shape it Like a Tree. Falsafah kedua, When There is a Wood, There is a Way. Falsafah ketiga, Brench Out of Life (wood wide web). Dan falsafah keempat, Be Wood Wide and Nurture with Nature,” ujarnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved