Breaking News:

Tinjau Sekolah Ambruk di Kota Bogor, KPAI Minta Keamanan dan Keselamatan Siswa Beserta Guru Terjamin

Dalam tinjauannya KPAI melalui Komisioner Bidang Pendidikan melihat kondisi kelas yang memang sudah tidak layak.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Komisioner KPAI Daerah Kota Bogor, bidang pendidikan Anni Farhani ketika melakukan peninjauan atap sekolah yang ambruk di SDN Otista, Jalan Ottoiskandardinata. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TIMUR - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Daerah Kota Bogor melakukan peninjaun ke lokasi ambruknta atap sekolah di SDN Otista Jalan Otto Iskandardinata, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Senin (20/8/2021).

Dalam tinjauannya KPAI melalui Komisioner Bidang Pendidikan melihat kondisi kelas yang memang sudah tidak layak.

Komisioner KPAI Daerah Kota Bogor, bidang pendidikan Anni Farhani mengatakan bahwa program sekolah aman yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sejatinya bukan hanya aman dari kekerasan fisik, psikis maupun kekerasan seksual.

Tetapi kata Anni sekolah yang aman juga memiliki infrastruktur bangunan yang aman dari bencana, maupun hal lain yang berpotensi mencelakakan warga sekolah

Melihat kejadian atap sekolah ambruk di Kota Bogor KPAI memberi empat catatan.

Pertama yakni meminta semua pihak terkait memastikan bahwa guru dan murid dalam proses pembelajaran wajib mendapatkan perlindungan dinas pendidikan

"Dalam UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dinyatakan bahwa dalam menjalankan tugas keprofesionalannya, guru berhak memperoleh rasa aman dan jaminan keselamatan dalam melaksanakan tugasnya," katanya.

Selanjutnya kata Anni Dinas pendidikan harus sudah memiliki data sekolah yang rusak dan berpotensi rusak, dan harus menjadi perhatian dan prioritas bagi pemerintah, baik pusat, provinsi maupun daeerah untuk segera di perbaiki.

Ketiga kata Anni Pemerintah Daerah Kota Bogor harus memastikan seluruh fasilitas, sarana dan prasarana latak dan aman sebelum pelaksanaan PTM dimulai

" KPAI akan melakukan pengawasan langsung ke sekolah dan akan segera menjadwalkan rapat koordinasi dengan Dinas pendidikan dan dinas terkait lain nya," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved