Breaking News:

Kota Bogor Kejar Target Jadi Kota Terbaik Digitalisasi Ekonomi se-Indonesia

Rekomendasi ini mencakup pada pemulihan ekonomi dengan pemanfaatan ekonomi digital dan perluasan serta percepatan digitalisasi daerah.

istimewa/Pemkot Bogor
Bank Indonesia Jawa Barat bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggelar High Level Meeting (HLM) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Bank Indonesia Jawa Barat bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggelar High Level Meeting (HLM) untuk membahas berbagai isu strategis dalam mendorong pemulihan ekonomi melalui percepatan digitalisasi dan pengendalian inflasi di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Selasa (28/9/2021).

"Kami dari BI, BJB dan Pemprov Jabar 100 persen mensupport pengembangan ekonomi daerah, khususnya di Kota Bogor,” ujar Deputi Kepala Perwakilan BI Jawa Barat, Ameriza M Moesa.

Ameriza mengatakan, pihaknya mendukung dengan memberikan beberapa rekomendasi kepada Kota Bogor.

Rekomendasi ini mencakup pada pemulihan ekonomi dengan pemanfaatan ekonomi digital dan perluasan serta percepatan digitalisasi daerah.

Sebut saja rekomendasi dari sisi sektor manufaktur, sektor konstruksi, sektor pariwisata, pengendalian inflasi, kestabilan harga, dan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).

“Terkhusus digitalisasi daerah kami tidak hanya mensupport di lingkungan Pemkot Bogor, tapi kami ingin digitalisasi menyeluruh baik di masyarakat maupun perekonomian sektor ril. Alhamdulillah pak wali telah memberikan komitmen atas masukan ini dan akan ditindaklanjuti bersama dalam wadah TPID dan TP2DD. Mudah-mudahan hasil dari HLM bisa menjadi acuan dalam perumusan kebijakan jangka menengah Kota Bogor,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, Pemkot Bogor berterima kasih atas empat penghargaan yang diberikan BI.

Penghargaan rangking 1 ETPD se-Jawa Barat yang telah mengimplementasikan elektronifikasi di sisi belanja sebesar 100%, penghargaan Apresiasi Jawara Ekonomi Digital Jawa Barat (AJEG JABAR) 2021 sebagai Kota terbaik pertama dalam implementasi ETPD, penghargaan terbaik ketiga dalam digitalisasi ekonomi daerah dan penghargaan Program Inflasi Unggul Juara Lahir Batin (PINUNJUL) 2021 sebagai Kota terbaik keempat.

“Ini tidak terlepas dari koordinasi kami dengan BI yang selalu memberikan rekomendasi pengendalian inflasi ekonomi juga pemulihan ekonomi,” ujar Bima Arya.

Bima Arya menuturkan, data-data ekonomi di Kota Bogor menunjukkan arah yang sangat baik, yakni diatas rata-rata dan yang paling menggembirakan kredit sudah mulai pulih seperti sebelum Pandemi Covid-19. Ini artinya roda ekonomi sudah berjalan, sudah terjadi ekonomi recovery dan menuju economy rebound.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved