Breaking News:

Habib Luthfi Resmikan Joglo Makam Raden Saleh di Bogor

Ini menjadi perwujudan ikhtiar kita dalam rangka menjaga dan memelihara peninggalan sekaligus saksi sejarah," kata Habib Luthfi saat meresmikan

Editor: Mohamad Rizki
Istimewa/Pemkot Bogor
Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Yahya atau biasa dikenal Habib Luthfi meresmikan Joglo yang berada di area Makam Raden Saleh Syarif Bustaman, Rabu (29/9/2021) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Yahya atau biasa dikenal Habib Luthfi meresmikan Joglo yang berada di area Makam Raden Saleh Syarif Bustaman, Rabu (29/9/2021).

Makam Raden Saleh yang berlokasi di gang bernama Jalan Raden Saleh, di Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor ini kini dilengkapi Joglo atau bangunan tradisional masyarakat Jawa.

“Terima kasih atas terbangunnya kembali makam Raden Saleh.

Ini menjadi perwujudan ikhtiar kita dalam rangka menjaga dan memelihara peninggalan sekaligus saksi sejarah," kata Habib Luthfi saat meresmikan.

"Bilamana situs-situs ini tidak dipelihara dan tidak dijaga dengan baik, saya takut umat, bangsa dan generasi ini bakal 'pareumeun obor' (kehilangan riwayat asal usul atau informasi hubungan kekerabatan).

Maka akan sulit, untuk itu ayo kita kembali ke tanah air kita,” katanya menambahkan.

Kakak dan adik dari Raden Saleh seperti yang diceritakan Habib Luthfi, banyak membantu perjuangan Pangeran Diponegoro di Wonosobo, sehingga dikenal sebagai keluarga pejuang.

Setelah belajar dari kakaknya, Raden Saleh keluar negeri untuk belajar lebih jauh tentang seni lukis.

Karya-karya yang dihasilkannya memiliki kandungan-kandungan yang luar biasa, dalam arti bukan sekedar melukis dan itu yang diperjuangkan.

Sekembalinya ke Indonesia, Raden Saleh di curigai penjajah belanda membantu perjuangan Pangeran Diponegoro, hingga akhirnya ditangkap dan dijadikan tahanan rumah di Jakarta.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved