Breaking News:

IPB University

JenQ, Pembersih Alat Rumah Tangga dari Kulit Jengkol, Inovasi Mahasiswa IPB University

Rafi menuturkan kandungan asam amino sistein dan sulfur pada jengkol berperan menimbulkan bau menyengat.

Editor: Mohamad Rizki
IPB University
Kulit jengkol dengan aromanya yang khas dan umumnya tidak dikonsumsi masyarakat dapat diolah menjadi pembersih alat rumah tangga 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Siapa sangka kulit jengkol dengan aromanya yang khas dan umumnya tidak dikonsumsi masyarakat dapat diolah menjadi pembersih alat rumah tangga.

Inovasi ini ditemukan oleh mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University yang tergabung dalam kelompok PKMK (Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan) tahun 2021.

Mereka ialah Rafi Kansa Aganindra (mahasiswa Teknik Komputer), Fajar Kurnia Laily (mahasiswa Teknologi Industri Benih) dan Ilham Fadillah Al Kaustar (mahasiswa Teknik dan Manajemen Lingkungan).

Mereka mendapatkan bimbingan dari Ridwan Siskandar SSi, MSi, dosen Program Studi Teknik Komputer Sekolah Vokasi IPB University.

Rafi menuturkan kandungan asam amino sistein dan sulfur pada jengkol berperan menimbulkan bau menyengat.

Sementara kulit jengkol atau yang bisa disebut dengan Pithecellobium jiringa termasuk dalam golongan limbah organik yang banyak berserakan di pasar tradisional.

“Kulit jengkol tidak memberikan nilai ekonomis sama sekali bahkan dapat merusak lingkungan karena dapat menyumbat saluran air dan mengakibatkan banjir.

Oleh karena itu, tim kami membuat JenQ yaitu sabun pencuci piring dari ekstrak kulit jengkol,” ujarnya.

Menurut Rafi yang juga sebagai Ketua Tim PKMK, selain sebagai anti bakteri, keunggulan lainnya adalah ramah lingkungan, nyaman di tangan dan tidak panas serta harga lebih murah dari produk sejenis.

JenQ yang berbahan baku ekstrak kulit jengkol, texapon, daun jeruk nipis, garam dan air ini dikemas dalam kemasan botol pump dengan isi 500 ml.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved