Wisata Malam di Kebun Raya Bogor, Sampaikan Edukasi Konservasi Melalui Cahaya

Selain itu dalam perencanaan pengembangan program Eduwisata Glow, kondisi alam Kebun Raya Bogor tetap dijaga agar tetap dalam marwahnya sebagai kawasa

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Suasana Glow di Kebun Raya Bogor yang merupakan inovasi pendidikan edukasi hayati yang dipersembahkan oleh Kebun Raya untuk Masyarakat Indonesia. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pengelola Kebun Raya Bogor kini terus memperbaiki sisi edukasi untuk bisa menyampaikan pesan edukasi konservasi ataupun riset serta keanekaragaman hayati, budaya serta sejarah.

Dengan tidak melakukan perubahan mendasar dalam perkembangan pengelolaannya, Kebun Raya Bogor juga terus melakukan revitalisasi, baik dari perawatan taman tematik maupun melalui program Eduwisata Glow untuk meningkatkan Kota Bogor sebagai destinasi Eduwisata favorit di Indonesia.

Selain itu dalam perencanaan pengembangan program Eduwisata Glow, kondisi alam Kebun Raya Bogor tetap dijaga agar tetap dalam marwahnya sebagai kawasan konservasi.

Secara umum tampilan keseluruhan Kebun Raya Bogor tidak ada yang berubah, sama seperti aslinya.

Hanya saja di area sepanjang 1,2 kilomter itu terdapat wisata Glow menggunakan lampu sebagai pendukung penyampaian pesan edukasi terkait keragaman hayati, budaya serta sejarah di Kebun Raya Bogor.

Saat memasuki pintu masuk, pengunjung akan disambut dengan cahaya lampu sebagai penerang saat malam seperti yang ada di taman kota.

Selain itu pengunjung juga akan dibekali peta yang berisi informasi edukasi.

Suasana Glow di Kebun Raya Bogor yanf merupakan inovasi pendidikan edukasi hayati yang dipersembahkan oleh Kebun Raya untuk Masyarakat Indonesia.
Suasana Glow di Kebun Raya Bogor yanf merupakan inovasi pendidikan edukasi hayati yang dipersembahkan oleh Kebun Raya untuk Masyarakat Indonesia. (TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho)

Ada enam zona edukasi yang bisa diakses oleh pengunjung.

Zona pertama adalah Tanaman Pandan, di sana pengunjung akan mendapat pengerahan berbagai jenis tanaman pandan dan manfaatnya, serta konservasi tanaman pandan.

Di zona pertama ini pengunjung akan disuguhkan sebuah cerita menarik yang berasal dari cahaya lampu sehingga bisa mencerna edukasi yang disampaikan.

Sementara itu di zona dua Taman Meksiko, disana pengunjung juga akan mendapatkan edukasi dari suara yang ditampilkan tentang tumbuh tumbuhan yang ada di Taman Meksiko diantaranya dalah tanaman kaktus.

Ketiga adalah zona taman akuatik, di zona ini pengunjung akan mendapat banyak pengetahuan baru soal tanaman akuatik yang tumbuh langsung diekosistem air.

Zona empat adalah zona lorong waktu yang merupakan dimensi yang bergulir satu arah menuju kepada sebuah titik.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved