Breaking News:

Buka Rapat Dewan Pembina, Dedie : SEAMEO BIOTROP Beri Banyak Manfaat

Rapat Dewan Pembina yang dibuka Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim ini dilaksanakan setiap tahun.

Editor: Mohamad Rizki
Istimewa/Pemkot Bogor
Southeast Asian Regional Centre for Tropical Biology (SEAMEO BIOTROP) menggelar Rapat Dewan Pembina ke-59 di IPB International Convention Center (IICC) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Southeast Asian Regional Centre for Tropical Biology (SEAMEO BIOTROP) menggelar Rapat Dewan Pembina ke-59 di IPB International Convention Center (IICC), Mal Botani Square, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Selasa (5/10/2021).

Rapat Dewan Pembina yang dibuka Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim ini dilaksanakan setiap tahun.

Tujuannya untuk mengevaluasi capaian dari berbagai program dan kegiatan sekaligus untuk mendapatkan rekomendasi Dewan Pembina di tahun berikutnya.

"Di rapat ini juga kami menyampaikan sembilan Working Papers, lima info Papers dengan isu utama proposal rencana pembangunan lima tahun ke-11, proposal perubahan struktur organisasi serta rencana penelitian dan pelatihan di 2020," ujar Direktur SEAMEO BIOTROP, Zulhamsyah Imran.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengatakan, Kota Bogor sangat beruntung karena SEAMEO BIOTROP yang merupakan organisasi para peneliti skala internasional dari 11 negara se-Asia Tenggara ini pusatnya berada di Kota Bogor.

Hal ini tentu memberikan manfaat yang banyak.

Di situasi normal, kegiatan SEAMEO BIOTROP turut menghidupkan perekonomian Kota Bogor melalui event internasional dan kegiatan rutin administrasi yang dilakukan di Kota Bogor
Di situasi normal, kegiatan SEAMEO BIOTROP turut menghidupkan perekonomian Kota Bogor melalui event internasional dan kegiatan rutin administrasi yang dilakukan di Kota Bogor (Istimewa/Pemkot Bogor)

Di situasi normal, kegiatan-kegiatan SEAMEO BIOTROP turut menghidupkan perekonomian Kota Bogor melalui event internasional dan kegiatan rutin administrasi yang dilakukan di Kota Bogor.

"Kota Bogor juga memiliki Kebun Raya dan IPB yang tentu saja para peneliti SEAMEO BIOTROP ini bisa menghasilkan kajian yang dapat dimanfaatkan masyarakat Indonesia dan institusi, misalnya kajian pertanian, kehutanan, kelautan dan lingkungan," terang Dedie.

Pihaknya menyambut baik Rapat Dewan Pembina ini dan berharap ke depan pelaksanaan rapatnya bisa secara tatap muka, sehingga para peneliti dari mancanegara datang ke Kota Bogor.

"Jadi mereka juga bisa menikmati suasana Kota Bogor sekaligus menghidupkan kembali perekonomian di Kota Bogor," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, Anas Rasmana mengatakan, SEAMEO BIOTROP memberikan banyak jasa baik skala internasional, Indonesia maupun Kota Bogor.

Pasalnya, SEAMEO BIOTROP meneliti berbagai hal, mulai dari pangan, hortikultura, sayur, buah-buahan, ikan hias dan tanaman hias.

"Jadi SEAMEO BIOTROP ini pusat penelitian untuk tanaman tropis dan penangkaran berbagai bibit unggul," pungkasnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved