Breaking News:

Persiapan Pilkada, Wali Kota Bogor Minta Disdukcapil Lakukan Pemutahiran DPT

Mengusung tema 'Inovasi Pelayanan Adminduk Menuju Pemilu yang Berkualitas', Wali Kota Bogor, Bima Arya dalam sambutannya memberikan beberapa arahan

Editor: Mohamad Rizki
Istimewa/Pemkot Bogor
Mengusung tema 'Inovasi Pelayanan Adminduk Menuju Pemilu yang Berkualitas', Wali Kota Bogor, Bima Arya dalam sambutannya memberikan beberapa arahan, terutama soal pemutakhiran data 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor menggelar Webinar Kajian Pemilu dan Demokrasi (Kapendak) Series 3, Kamis (7/10/2021).

Mengusung tema 'Inovasi Pelayanan Adminduk Menuju Pemilu yang Berkualitas', Wali Kota Bogor, Bima Arya dalam sambutannya memberikan beberapa arahan, terutama soal pemutakhiran data.

"Esensi dari demokrasi itu partisipasi. Jadi tidak ada demokrasi tanpa partisipasi. Pemilu, Pileg, Pilpres, Pilkada salah satu ukuran keberhasilannya yakni tingkat partisipasi publik," ujar Bima Arya.

Wali Kota mengatakan, ada dua ukuran partisipasi yakni partisipasi secara kuantitatif, berapa persen warga yang bisa memilih dan partisipasi secara substantif, apakah partisipasi dari warga memberikan hasil yang baik untuk politik.

"Kita harus mulai dari aspek yang paling teknis. Aspek yang paling teknis ini menentukan tingkat partisipasi politik, pemetaan, pendaftaran dan penetapan dari para pemilih," terangnya.

"Kunci keberhasilan kita untuk melakukan konsolidasi data, jangan sampai baru ketika pencocokan dan penelitian muncul berbagai macam permasalahan.

Dari awal peran strategis dipegang Disdukcapil dalam konteks pemutakhiran data pemilih.

Pastikan pemutakhiran data berjalan sehingga meminimalkan persoalan," jelasnya.

Sebab kata dia, sebelum pada ujungnya nanti Disdukcapil menyusun Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) hingga melakukan pemutakhiran data.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor menggelar Webinar Kajian Pemilu dan Demokrasi (Kapendak) Series 3, Kamis (7/10/2021).
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor menggelar Webinar Kajian Pemilu dan Demokrasi (Kapendak) Series 3, Kamis (7/10/2021). (Istimewa/Pemkot Bogor)

Disdukcapil harus segera berkoordinasi secara intens dengan wilayah, kecamatan, kelurahan, RT, RW untuk pemutakhiran data.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved