Breaking News:

Sosok Direktur Aktual TV, 8 Bulan Produksi Konten Hoaks di Youtube, Raup Untung Rp 2 Miliar

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan, AZ menyebarkan konten hoaks dan SARA untuk mencari keuntungan.

NBCNEWS
Ilustrasi Youtube 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Polres Metro Jakarta Pusat menangkap seorang direktur TV swasta, AZ, terkait kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dan SARA di kanal Youtube miliknya.

AZ merupakan Direktur Aktual TV yang berada di bawah PT B dan beralamat di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. 

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan, AZ menyebarkan konten hoaks dan SARA untuk mencari keuntungan.

Selain menangkap AZ, polisi juga menangkap dua stafnya, M dan AF.

"Dari hasil pemeriksaan, mereka ternyata meng-upload konten ini dengan tujuan materi," kata Hengki saat merilis kasus ini di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (15/10/2021).

Baca juga: Oknum TNI yang Bantu Rachel Vennya Kabur Tak Dapat Imbalan, Motifnya Apa?

Selama delapan bulan memproduksi konten video hoaks dan SARA yang bernada provokatif, para tersangka meraup keuntungan hingga Rp 2 miliar.

"Dalam kurun waktu 8 bulan, mereka mendapatkan adsense Youtube sekitar Rp 1,8 miliar sampai Rp 2 miliar," ungkap Hengki.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, ketiga tersangka memiliki peran masing-masing saat memproduksi konten video.

"AZ ini adalah pemilik channel Aktual TV. Dia yang membuat ide dan juga mengarahkan, dan menyortir hasil editing konten yang akan diupload di Aktual TV," kata Yusri.

Sementara itu, tersangka M bertugas melakukan editing dan mengunggah konten video ke Aktual TV.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved