Breaking News:

Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Bakal Dibangun di Puncak Bogor

Pembangunan EAL ini, juga didukung dan dibantu oleh pihak-pihak terkait seperti Kemenparekraf, KLHK, Balai Besar TNGGP, PTPN VIII dan Pemprov Jabar

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Lokasi perbukitan yang bakal dibangun jembatan gantung terpanjang di dunia di kaki Gunung Pangrango, kawasan Puncak Bogor, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Minggu (17/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, MEGAMENDUNG - Jembatan gantung terpanjang di dunia bakal dibangun di kawasan Puncak Bogor.

Pembangunan jembatan ini bakal di lakukan di ekowisata Eiger Adventure Land (EAL) di area perbukitan hutan kaki Gunung Pangrango di Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

"Salah satu iconic landmark lainnya yang menarik dari Eiger Adventure Land ini adalah suspension bridge sepanjang 530 meter yang harapannya akan menjadi jembatan gantung terpanjang di dunia," kata Imanuel Wirajaya, Direktur Eiger Adventure Land kepada wartawan, Minggu (17/10/2021).

Jembatan gantung ini direncanakan bakal mengalahkan jembatan gantung terpanjang di dunia saat ini yakni Arouca Portugal sepanjang 516 meter dan Carles Kuonen Pegunungan Alpen Swiss sepanjang 494 meter.

Selain itu, bakal dibangun juga seperti cable car (kereta gantung) sepanjang 863 meter dan berbagai fasilitas yang menitik beratkan kepada kegiatan tropical adventure.

Kegiatan tropical adventure ini seperti forest adventure, cultural walk, adventure playground, traditional village, tempat penginapan bernuansa alam, welness and sanctuary, hiking, camping, overlanding, dan kegiatan alam lainnya.

Pembangunan EAL ini, juga didukung dan dibantu oleh pihak-pihak terkait seperti Kemenparekraf, KLHK, Balai Besar TNGGP, PTPN VIII dan Pemprov Jawa Barat.

Menggunakan total area seluas 325.89 Hektare yang terdiri dari lahan Hak Guna Usaha (HGU) PTPN VIII seluas 72.23 hektare melalui skema Perjanjian Kerjasama (PKS) dan Zona Pemanfaatan Barubolang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango seluas 253.66 Ha melalui Perizinan Berusaha Pengusahaan Sarana Jasa Lingkungan Wisata Alam pada kawasan konservasi (PB- PSWA).

"Tujuh aspek utama yang akan menjadi fokus pengembangan Eiger Adventure Land yaitu aspek ekologi, etnologi, ekonomi, edukasi, estetika, etika dan entertainment," tambah Ronny Lukito, Chairman PT Eigerindo.

EAL ini direncanakan dapat mulai beroperasi dan dibuka untuk umum pada tahun 2023 mendatang.

"Besar harapan kami ekowisata alam Eiger Adventure Land ini dapat meningkatkan potensi wisata alam Indonesia, khususnya Jawa Barat, baik dari kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved