Cuaca Ekstrem di Bogor Diprediksi BMKG Terjadi Pada Oktober - November 2021

Potensi cuaca ekstrem ini, kata dia, adalah berpotensi hujan lebat, angin kencang, petir bahkan hujan es.

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Ardhi Sanjaya
TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika
Ilustrasi hujan 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, DRAMAGA - Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Dramaga Bogor memprediksi bahwa cuaca buruk yang melanda wilayah Bogor adalah pertanda sudah masuk awal musim penghujan.

Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Dramaga, Hadi Saputra mengatakan bahwa awal musim hujan ini masuk pada Oktober 2021 ini.

"Sekarang kan sudah masuk ke awal musim hujan, jadi potensi cuaca ekstrem cukup tinggi memang," kata Hadi Saputra saat dihubungi TribunnewsBogor.com, Senin (18/10/2021).

Potensi cuaca ekstrem ini, kata dia, adalah berpotensi hujan lebat, angin kencang, petir bahkan hujan es.

Cuaca ekstrem ini, kata dia, memang biasa terjadi di awal musim hujan yang tahun ini diprediksi terjadi pada Oktober - November 2021.

"Kejadian ini mungkin terjadi di bulan Oktober - November," kata Hadi.

Kondisi cuaca ekstrem ini diprediksi bakal kembali terjadi nanti pada April - Mei 2021 mendatang yang diperkirakan masuk pada masa akhir musim hujan.

"Jadi awal musim hujan sama di akhir musim hujan itu kondisi cuaca ekstrem berpotensi terjadi. Karena pergantian musim, anginnya itu tidak tentu. Makanya bisa angin kencang, hujan sangat lebat, bisa juga hujan es dan petir," ungkapnya.

Hadi mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspasa khususnya di jam-jam siang sampai sore karena termasuk jam-jam berpotensi hujan yang biasa terjadi di masa awal musim hujan ini.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved