IPB University

Gelar Virtual Fair 2021, Ini Cara IPB University Siapkan Lulusan Berkarir Sesuai Passion dan Skill

saat ini banyak lulusan atau fresh graduate yang masih mencari arah jenjang karir atau peluang kerja yang sesuai dengan keahlian dan passion.

IPB University
Dr Drajat Martianto, Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB Univeristy, Dr Alim Setiawan Slamet menjelaskan, IPB Virtual Fair digelar untuk menghantarkan lulusan-lulusan agar berkarir sesuai dengan passion dan skill mereka.

“Kegiatan ini biasanya kami gelar secara offline. Sejak pandemi, kami melakukan transformasi secara daring. Harapannya bisa menjadi salah satu sarana untuk menemukan industri yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan lulusan,” katanya saat pembukaan IPB Virtual Fair 2021.

IPB Virtual Fair tahun ini bertajuk “Closer Pathways for Your Career” yang digelar mulai 16 Oktober hingga 20 November 2021.

Beberapa rangkaian kegiatan IPB Virtual Fair ke-4 ini di antaranya IVF Academy, Career Expo, Internship Expo, Scholarship Expo, Entrepreneurship Expo, Webinar Series, dan Meeting and Chatting Online With Companies.

“Selain karir, kegiatan ini juga memfasilitasi lulusan yang ingin melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Lulusan IPB University yang ingin mengembangkan wirausaha juga bisa memanfaatkan IPB Virtual Fair,” ujar Dr Alim.

Sementara itu, Rektor IPB University Prof Arif Satria mengatakan saat ini banyak lulusan atau fresh graduate yang masih mencari arah jenjang karir atau peluang kerja yang sesuai dengan keahlian dan passion.

“Kini sudah saatnya kita terus bergerak untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan mengatasi permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia ini. Saya berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi para lulusan untuk mencari kesempatan kerja dan menata karir. Semoga sukses dan ingat jaga kesehatan serta agility beat the pandemic,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University Dr Drajat Martianto mengungkapkan bahwa saat ini masih ada ketimpangan antara pasar kerja dengan jumlah kelulusan.

Menurutnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menerapkan indikator untuk perguruan tinggi.

Salah satunya adalah kualitas lulusan ditentukan oleh penyerapan tenaga kerja dan apresiasi.

“Banyaknya lulusan atau persentasi terhadap gaji di atas UMR (Upah Minimum Regional) menjadi hal penting bagi perguruan tinggi. Tentu ini hal berat bagi perguruan tinggi,” kata Dr Drajat Martianto.

Menurutnya, beberapa persoalan yang dihadapi memang bisa diatasi dari perguruan tinggi.

Mulai dari penyusunan kurikulum hingga pelatihan seperti sekolah pembinaan di bidang kewirausahaan, CEO School, dan sebagainya untuk menyiapkan lulusan yang siap kerja.

Kendati demikian, ada juga faktor di luar perguruan tinggi seperti ketersediaan pasar kerja.

“Kalau hal-hal yang berkaitan dengan ketidakseimbangan pasar kerja dan lulusan tentu ini sangat dipengaruhi banyak hal. Misalnya oleh ekonomi makro, tuntutan baru, modernisasi teknologi, yang tadinya dikerjakan lima orang kini satu orang, karena mesin dan internet of things (IoT),” terangnya.

Kata Dr Drajat, ini adalah tantangan baru yang harus dihadapi. Ia yakin setiap yang hilang ada penggantinya.

 "Sekarang bagaimana kita membuat pekerjaan-pekerjaan baru. Ini menjadi wahana diskusi kampus, bagaimana kita bisa mendorong lahirnya pekerjaan baru itu,” tambahnya.

Selain itu, upaya lainnya adalah mendekatkan dengan industri atau perusahaan. IPB University telah memfasilitasi hal itu, salah satunya dengan IPB Virtual Fair 2021.

“Saya percaya bahwa kegaitan IPB Virtual Fair ini bermanfaat dan efektif untuk menjembatani saudara sekalian lulusan IPB University maupun di luar IPB University yang kebetulan mengikuti kegiatan ini,” ungkapnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved