Breaking News:

Wisata Religi Ziarah ke Makam Mama Falak, Sosok Pendiri Ponpes Tertua di Bogor

Tubagus Muhammad Falak atau yang masyarakat kenal Mama Falak merupakan seorang ulama juga perintis Nahdlatul Ulama (NU).

TribunnewsBogor.com/Reynaldi Andrian Pamungkas
Pondok Pesantren Al Falak yang juga terdapat makam Mama Falak berlokasi di jalan Pagentongan nomor 8, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat merupakan Ponpes tertua di Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Reynaldi Andrian Pamungkas

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR BARAT - Sejak wafatnya pendiri Pondok Pesantren Al Falak, KH. Tubagus Muhammad Falak pada tahun 1972, masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia ramai berziarah ke makamnya.

Tubagus Muhammad Falak atau yang masyarakat kenal Mama Falak merupakan seorang ulama juga perintis Nahdlatul Ulama (NU).

Pondok Pesantren Al Falak yang juga terdapat makam Mama Falak berlokasi di jalan Pagentongan nomor 8, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat merupakan Ponpes tertua di Bogor.

Mama Falak yang besar pada lingkungan pesantren, hingga usia 15 tahun ia diajari ilmu fiqih, aqidah, dan bahasa.

Dewan Pendiri Madrosatul Quran Al Falak, Tegap Pratama menerangkan Mama Falak lahir pada tahun 1842 dan saat usia 15 tahun diberangkatkan ke Mekkah untuk memperdalam ilmu agamanya.

"Selama 21 satu tahun hingga pulang kembali di tahun 1878, Abah ikut perang di Banten melawan Belanda," katanya kepada TribunnewsBogor.com, Sabtu (24/10/2021).

Penyebaran Islam dengan cara berdakwah dari tempat ke tempat lain di tahun 1882 menjadikan nama Mama Falak lebih dikenal.

Tegap mengatakan saat itu pengajian digelar di teras rumah sampai tahun 1892 Mama Falak berangkat kembali ke Mekkah.

"Karena sudah memiliki asisten maka kepengurusan pesantren diserahkan kepada mereka," ujarnya.

Pondok Pesantren Al Falak yang juga terdapat makam Mama Falak berlokasi di jalan Pagentongan nomor 8, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.
Pondok Pesantren Al Falak yang juga terdapat makam Mama Falak berlokasi di jalan Pagentongan nomor 8, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. (TribunnewsBogor.com/Reynaldi Andrian Pamungkas)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved