Breaking News:

Bahaya Kanker Payudara Bagi Pria, Ini Penjelasan Dokter

Menurut dr. Indri Engkay dari Klinik Laboratorium Prodia Padjadjaran, tingkat bahaya kanker payudara sangat beresiko tinggi, tidak terkecuali untuk pr

Penulis: Rahmat Hidayat | Editor: Ardhi Sanjaya
TribunnewsBogor.com/Rahmat Hidayat
dr. Indri Engkay Menjadi Pembicara dalam Acara Breast and Cancer Awarnes di Pullman Ciawi, Selasa (26/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com Rahmat Hidayat

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, MEGAMENDUNG – Tidak hanya menimpa wanita, bahaya yang dari penyakit kanker payudara bisa menimpa pria.

Menurut dr. Indri Engkay dari Klinik Laboratorium Prodia Padjadjaran, tingkat bahaya kanker payudara sangat beresiko tinggi, tidak terkecuali untuk pria.

“Untuk rasio bandingannya itu untuk pria terakhir yang saya baca itu 1% sisanya menimpa wanita. Kalau rasio perbandingannya itu 10:90 ,” ucap dr. Indri Engkay kepada TribunnewsBogor.com usai acara Breast and Cancer Awarnes di Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention Bogor, Selasa (26/10/2021).

Lebih jelas ia mengatakan, kondisi rasio bahaya kanker payudara tetap mempunyai resiko yang sangat tinggi.

“Untuk keganasannya sama saja. Baik pria maupun wanita,” tambahnya.

Ada beberapa faktor yang membedakan rasio terpapar kanker payudara antara pria dan wanita.

Ia mengatakan, salah satu kondisi hormonal yang beda antara pria dan wanita menjadi penyebab perbedaan rasio terpapar.

“Perbedaannya mencoloknya dari hormonal saja. Perempuan ada hormonal yaitu menstruasi. Pria tidak ada. Kalau menstruasinya kurang dari 12 tahun, itu sangat rentan sekali terpapar kanker payudara. Hal itu salah satu penyebab perbedaan rasio terpapar lebih besar terhadap wanita,” katanya.

Meskipun demikian, menurutnya hal tersebut tidak menjadi tolak ukur mengenai terpaparnya kanker payudara terhadap pria dan wanita.

Beberapa faktor lainnya pun bisa menjadi penyebab terpaparnya kanker payudara antara pria dan wanita.

“Salah satunya lifestyle, dan pola hidup berantakan menjadi sebab utama penyebab terpaparnya kanker payudara. Selain itu faktor genetikal bisa menjadi sebab,” tambahnya.

Lebih jelas ia mengatakan, faktor-faktor peyebab kanker bisa dideteksi secara dini.

“Oleh sebab itu wajib rasanya mempelajari lebih dini secara mendalam mengenai pendeteksian dini kanker payudara baik itu pria dan wanita. Jika sudah seperti itu mungkin bahaya dari kanker payudara bisa diatasi secara awal. Karena kanker ini bukan penyakit main-main dan penyakit dengan bahaya kematian kedua setelah serviks,” tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved